Taman Andan Jejama Sidototo di Gedong Tataan Jadi Area Peresap Air

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Keberadaan Taman Andan Jejama Sidototo, ruang terbuka hijau (RTH) menjadi salah satu sumber area peresap air. Area yang berada dekat kawasan perkebunan karet di Desa Keteguhan, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung itu dipenuhi beragam tanaman.

Arifin, salah satu warga menyebut Keberadaan Taman Andan Jejama Sidototo jadi RTH jadi salah satu paru paru kota. Sebab beragam tanaman jenis ketapang kencana, kamboja, palem, trembesi dan tanaman buah mangga, jambu berada di lokasi tersebut

“Awalnya area taman ini hanya kebun karet namun oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran ditata menjadi taman yang mulai ditanami berbagai pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan, yang bermanfaat untuk menjadi pasokan udara sejuk dan habitat berbagai jenis burung,” terang Arifin saat ditemui Cendana News, Rabu (19/5/2021).

Sebagai taman yang menyajikan kesejukan alami, area tersebut kerap menjadi tempat bersantai bagi masyarakat setempat. Terlebih lokasi yang strategis berada di Jalan Lintas Barat jadi lokasi perhentian pelaku perjalanan. Lokasi yang bersih, asri tersebut sekaligus jadi area jogging dan olahraga pada area terbuka yang sejuk.

Keberadaan ruang terbuka hijau jadi tempat untuk mendapatkan udara segar bagi Sianturi. Keberadaan taman tersebut sekaligus jadi tempat edukasi untuk menjaga lingkungan bagi generasi muda. Sebab pada sejumlah titik tersedia tempat sampah yang terpisah jenis organik dan anorganik.

“Sampah organik jenis daun yang berguguran dibuang pada lokasi penimbunan hingga menjadi pupuk kompos untuk penyubur tanaman,” ulasnya.

Sianturi menyebut tanaman yang dipelihara memiliki fungsi ekologis. Sebagai area hijau yang menjadi tempat tumbuh berbagai tanaman ikut menjadi peredam kebisingan. Lokasi yang nyaman kerap digunakan olehnya bersama keluarga untuk bersantai dan berolahraga.

Kegiatan bersepeda menjadi salah satu olahraga yang tidak mengeluarkan polusi. Selain bersepeda pembuatan wahana jogging track memungkinkan warga bisa olahraga jalan kaki. Beberapa warga bahkan menggunakan area yang ditumbuhi beragam pohon untuk melatih pernapasan.

Arifin, warga Desa Keteguhan Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung menikmati suasana kesejukan Taman Andan Jejama Sidototo, Rabu (19/5/2021). Foto: Henk Widi

Buyung, salah satu warga menyebut Taman Andan Jejama Sidototo menjadi taman ekologis mini. Keberadaan berbagai jenis tanaman buah memiliki fungsi untuk penarik bagi burung kicau. Beberapa jenis tanaman buah jenis mangga, jambu jamaica jadi sumber pakan alami satwa burung, kelelawar. Beberapa jenis burung pipit, kutilang bahkan membuat sarang di lokasi tersebut.

Selain fungsi ekologis, saat berbagai jenis tanaman buah menghasilkan bisa menjadi tambahan ekonomi. Sebagian warga yang diberi ruang pada taman tersebut ungkap Buyung bisa menjual berbagai makanan dan minuman ringan. Sebab area taman yang telah tertata menjadi tempat rekreasi alam buatan jadi lokasi warga menikmati lingkungan yang asri.

Lihat juga...