Tempat Wisata Alam di Bekasi Mulai Diserbu Pengunjung

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Memasuki hari ketiga idul Fitri 1442 Hijriah, geliat pariwisata di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai terasa. Beberapa tempat wisata alam yang berada di Kota Patriot tersebut mulai dikunjungi warga lokal.

Salah satu destinasi wisata, Situ Rawa Gede Bojong Menteng, Rawalumbu, telah dibuka sejak awal lebaran dua hari lalu meskipun setengah hari. Tapi ratusan warga berdatangan untuk menikmati suasana di lokasi wisata alam tersebut.

“Dua hari kemarin, memang dibuka setengah hari karena suasana masih suasana lebaran. Tapi warga dari pagi sudah berdatangan mereka berdiam diri di sekitar lokasi situ,” ungkap Krisda, kepada Cendana News, Sabtu (15/5/2021).

Dikatakan meski dibuka setengah hari, jumlah pengunjung mencapai ratusan di hari pertama saja tercatat jumlah yang datang mencapai 400 orang. Sedangkan, di hari kedua, usai Jumatan kemarin pengunjung tercatat 700 orang.

Krisda Codet, ketua KPPL Situ Rawa Gede, menegaskan Situ rawa Gede tetap menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai arahan pemerintah, Sabtu (15/5/2021). -Foto M. Amin

Menurutnya, jumlah pengunjung akan terus membludak apalagi di hari ketiga ini. Namun demikian Krisda memastikan telah mempersiapkan antisipasi sejak awal seperti protokol kesehatan ketat dan membatasi pengunjung agar tidak terjadi kerumunan.

“Kami telah mempersiapkan strategi guna antisipasi pelanggaran protokol kesehatan. Dengan memperbanyak titik cuci tangan, ukur suhu. Dan tim juga terus melakukan peringatan jika melihat kerumunan,” ungkap Krisda seraya mengatakan antisipasi ada tim Covid-19 yang berjaga.

Lebih lanjut dikatakan, pembatasan jumlah kunjungan juga dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kerumunan agar menyesuaikan kapasitas daya tampung di Situ Rawagede. Rata-rata pengunjung membawa keluarga untuk menikmati arena permainan yang tersedia.

Salah seorang pengunjung, mengaku bernama Ali, datang bersama keluarganya. Ia mengatakan sudah janjian bersama beberapa kerabat untuk berkumpul di Situ Rawa Gede, sebagai ajang silaturrahmi.

“Sekarang Idul Fitri suasana berbeda, banyak dari teman kerja tidak mudik, daripada bertemu di kontrakan, kami buat janji sikaturahmi di Situ Rawa Gede ini. Di sini banyak saung, yang bisa dijadikan tempat makan bersama sambil menikmati panorama situ,” ujar Ali.

Untuk bertemu di kontrakan, jelasnya lingkungannya sempit dan tidak cukup untuk berkumpul beberapa orang. Sehingga ia mengakui sengaja janjian bersama beberapa teman dekat untuk berkumpul di lokasi Situ Rawa Gede.

“Wilayah Kota Bekasi, wisata alam sangat minim, hanya ada beberapa saja, itu pun terbatas. Di sini, lokasi parkir luas, dan bisa memanfaatkan gedung kesenian jika di dalam penuh. Selain itu banyak arena bermain bagi anak anak,” tukasnya.

Diketahui lokasi wisata alam representatif di Kota Bekasi, hanya ada tiga tempat seperti Kawasan Hutan Bambu di Margahayu, Curug Parigi Bantargebang. Ketiga tempat tersebut tetap buka selama idul Fitri 1442 Hijriah. Terpantau kawasan Hutan Bambu dan Curug Parigi pun tidak luput dari serbuan wisata lokal.

Lihat juga...