Terminal Guntur Garut Sudah Beroperasi

GARUT – Terminal Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali beroperasi melayani angkutan penumpang bus antarkota dalam provinsi maupun antarprovinsi, mulai Selasa dini hari setelah ada larangan bus beroperasi selama libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Petugas Dinas Perhubungan di Terminal Guntur Kabupaten Garut, Melati Peby Ruari, mengatakan hari pertama beroperasi sudah mulai banyak bus maupun penumpang berdatangan ke terminal untuk menuju kota besar seperti Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

“Angkutan bus sudah mulai terlihat sejak kemarin, namun mulai beroperasinya pukul 00.00 WIB,” kata Peby, Selasa (18/5/2021).

Ia menuturkan, pemerintah sudah membolehkan angkutan umum bus beroperasi, juga terminal sudah dibuka kembali untuk layanan menurunkan dan menaikkan penumpang mulai 18 Mei 2021.

Penumpang yang mau menggunakan jasa angkutan umum bus, kata dia, diwajibkan berangkat di Terminal Guntur untuk mendeteksi kondisi kesehatan calon penumpang bebas dari terjangkit Covid-19.

“Kalau semuanya melalui terminal, para penumpang akan diketahui karena akan diperiksa oleh petugas,” kata Peby.

Ia menyampaikan, petugas di terminal telah disiagakan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan penumpang, kemudian mengingatkan penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan wajib cuci tangan pakai sabun.

Selain itu, lanjut dia, petugas juga melakukan patroli di dalam terminal untuk mengingatkan sopir dan kernet agar tidak menaikkan penumpang di jalan, kemudian mengecek jumlah penumpang sebelum berangkat, dan dipastikan tersedia hand sanitizer di dalam bus.

“Kapasitas bus pun akan dibatasi dan di dalam bus wajib ada hand sanitizer,” katanya. (Ant)

Lihat juga...