UNEJ – STIE Mandala Jember Bersinergi Tingkatkan Mutu dan Kapasitas

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Rektor Universitas Jember bersinergi dengan Ketua STIE Mandala, dalam mengangkat nama baru kampus kuning tersebut menjadi Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember.

Rektor Universitas Jember (UNEJ), Iwan Taruna, memiliki komitmen besar atas rencananya dalam mengusung nama baru lebih bergengsi untuk menarik minat siswa, yang nantinya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Pendidikan merupakan tanggung jawab kita semua dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi para siswa, yang melanjutkan ke level pendidikan lebih tinggi,” ujar Iwan Taruna, di Tegal Boto, Sumbersari, Jember, Kamis (27/5/2021).

Iwan Taruna menambahkan, sejatinya jumlah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia tidak mampu menampung jumlah mahasiswa sepenuhnya dari lulusan Sekolah Menengan Atas (SMA). Karenanya, pihaknya saling bersinergi dengan perguruan tinggi swasta, dalam meningkatkan mutu dan kapasitas lebih tinggi lagi, agar setiap siswa memiliki kesempatan sama.

“Sinergisitas yang dibangun saat ini ke depan akan lebih masif lagi, dengan menambah program prodi yang dapat memiliki komponen tertentu kampus tersebut, dengan tujuan meningkatkan daya tarik dari kalangan masyarakat,” ucapnya.

Komitmen yang ditunjukkan oleh kampus Unej dengan Kampus STIE Mandala sudah terjalin sejak lama.

Iwan menyebutkan, bagaimana Unej sejak 2015 saling berkolaborasi dengan berbagai program yang telah dilakukan.

“Dalam berbagai kesempatan, kami sudah sama-sama saling bekerja sama. Salah satunya proses penerimaan mahasiswa baru se-Besuki raya yang dilakukan secara bersama. Selain itu, program kerja sama yang dilakukan tentang pendampingan pendirian prodi baru, serta peningkatan mutu kualitas dosen yang ada, melalui studi jenjang pascasarjana,” ungkapnya.

Penandatangan naskah kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) bukan langkah awal antara Unej dengan STIE Mandala membangun hubungan kerja sama. Iwan menyatakan, hal ini wujud nyata dan komitmen dalam menjalin hubungan kerja sama ke depan.

“Menilik tentang sejarah berdirinya kampus STIE Mandala, tidak lepas dari keterlibatan para dosen Universitas Jember. Awal mula pertama, kampus kuning ini didirikan bernama ABM Mandala,” katanya.

Ketua STIE Mandala, Suwignyo Widagdo, mengatakan, pihaknya kini terus mematangkan persiapan perubahan status STIE Mandala menjadi Institut Teknologi dan Sains Mandala. Di antaranya dengan menambah dua program studi di lingkup teknologi informasi dan komunikasi, yang akan fokus kepada sistem informasi manajemen.

“Maksud kami dalam memperbaharui hubungan kerja sama dengan Universitas Jember, nantinya  pendampingan yang terjalin dalam rangka pembentukan dua program studi baru yang akan fokus pada sistem informasi manajemen, mengingat Universitas Jember sudah memiliki Fakultas Ilmu Komputer. Kami juga mengirimkan dosen untuk studi S2 dan S3 di Kampus Tegalboto Universitas Jember,” jelasnya.

Lihat juga...