Unnes Sediakan Kuota Beasiswa KIP Jalur Seleksi Mandiri

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) tetap menyediakan kuota beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam penerimaan mahasiswa baru dari jalur Seleksi Mandiri (SM).

Kebijakan tersebut sebelumnya juga diterapkan pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kepala UPT Humas Unnes  Muhamad Burhanudin, saat dihubungi di Semarang, Kamis (27/5/2021). –Foto: Arixc Ardana

“Pada tahun ajaran baru 2021/2022, Unnes akan menerima sebanyak 9.310 mahasiswa baru, yang terbagi dalam tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Dari total daya tampung tersebut, sebanyak 30 persen telah dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN, 40 persen mahasiswa baru akan diterima melalui jalur SBMPTN, dan pada jalur Seleksi Mandiri akan menerima mahasiswa baru sebanyak 30 persen atau sekitar 2.876 mahasiswa baru,” papar Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes, Prof. Dr. Zaenuri, saat dihubungi di Semarang, Kamis (27/5/2021).

Dipaparkan, SM dibuka untuk jenjang Sarjana (S1), Diploma (D3), Pascasarjana (S2 dan S3)  dan Profesi.

“Kuota tahun ini untuk sarjana S1 pada 69 Program Studi sebanyak 9.185, Diploma (D3) pada dua Prodi sebanyak 90, dan kuota untuk profesi konselor sebanyak 35,” lanjutnya.

Dirinya memastikan, meski pendaftaran melalui jalur SM, Unnes tetap memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan beasiswa KIP.

Melansir Pedoman KIP Kuliah 2021, siswa penerima KIP Kuliah mendaftar diri terlebih dulu melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Selanjutnya siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti baik SNMPTN, SBMPTN atau SM.

Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi terkait, sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Sementara, Kepala UPT Humas Unnes, Muhamad Burhanudin, menambahkan cara pendaftaran kuliah melalui jalur SM di Unnes, cukup mudah.

“Caranya dengan langsung mendaftar secara online melalui laman penerimaan.unnes.ac.id. Kemudian mengisi data yang diperlukan, yang nantinya akan mendapat Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-Unnes 2021,” ungkapnya.

Setelah itu, memilih program studi yang diminati serta mengisikan nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi, peserta mengunggah scan dokumen rapor semester 1-5.

“Khusus untuk peserta yang memilih program studi seni dan olahraga, juga diharuskan mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai ketentuan,” terang Burhanudin.

Pendaftaran secara online dimulai 21 Mei – 9 Juli 2021, sedangkan tes online 13-19 Juli 2021, Untuk hasil seleksi akan diumumkan pada 26 Juli 2021 secara online melalui laman yang sama dengan pendaftaran. Tercatat ada 71 prodi di Unnes yang bisa menjadi pilihan para calon mahasiswa baru.

Lihat juga...