Lebaran CDN

Wali Kota Bekasi Pastikan GPP Hadir di 12 Kecamatan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Sukses dengan membuat mal pelayanan pelayanan (MPP) publik. Saat ini, Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai melakukan inovasi layanan dengan bersiap menghadirkan gerai pelayanan publik (GPP) pada 12 Kecamatan di wilayah setempat.

Upaya itu dalam rangka lebih mempercepat dan mendekatkan lagi pelayanan publik kepada masyarakat. Konsep GPP sendiri tidak berbeda dengan dengan MPP semua pelayanan publik bisa dilakukan sama.

“Guna meningkatkan dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Bekasi segera memperdekat GPP di tiap kecamatan,” ungkap Rahmat Effendi, Wali Kota Bekasi, saat safari meninjau lokasi yang akan dijadikan GPP di beberapa kecamatan wilayahnya, Selasa (4/5/2021).

Dikatakan langkah tersebut harus segera diwujudkan untuk mempermudah, efisien dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat di Kota Bekasi. Dia berharap kedepan upaya pelayanan yang diciptakan di Kota Bekasi bisa menjadi percontohan.

Menurutnya antusias warga di MPP cukup banyak, untuk itu diminta setiap kecamatan segera mempersiapkan diri untuk memberi pelayanan terbaik melalui GPP. Terutama sosialisasi berkaitan dengan layanan seperti pencatatan sipil, perizinan usaha dan lainnya segera hadir dan bisa diurus di GPP Kecamatan.

“Bentuk seluruh pelayanan yang ada di Gerai Pelayanan Publik (GPP) pada tiap kecamatan sama seperti yang ada di Mall Pelayanan Publik (MPP),” tukasnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi didampingi Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Bekasi, Taufik Rahman, melihat kondisi letak tempat yang akan dijadikan Gerai Pelayanan Publik (GPP) di semua kecamatan se Kota Bekasi.

Taufik Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, mengatakan saat ini pelayanan administrasi terus ditingkatkan dengan berbagai layanan online dalam rangka mempermudah masyarakat. Ia juga mengakui bahwa Disdik Capil masih dipadati meskipun layanan sudah ada MPP.

“Setiap hari masih ada warga mengurus administrasi di Kantor Disdukcapil. Padahal ada MPP dan lainnya. Semoga kedepan dengan adanya GPP akan lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan lebih efisien,”ujarnya.

Disdukcapil Kota Bekasi memiliki Inovasi pelayanan administrasi kependudukan menggunakan layanan Online E-Open untuk mengurus e-KTP, KK, Akta Kelahiran dan secara digital dengan menggunakan aplikasi yang bisa di download melalui playstore di Hp versi android.

Apabila ada warga mengalami kesulitan mengakses pelayanan online, mereka dapat menggunakan fasilitas Halo Pamor melalui Satgas Pamor di wilayah masing-masing.

Lihat juga...