Warga Desa Jelbuk Jember Masih Memanfaatkan Sungai untuk Kebutuhan MCK

Editor: Maha Deva

JEMBER – Sungai, masih menjadi pilihan warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terutama warga yang tinggal di desa, sungai menjadi tempat untuk melakukan kebutuhan mandi dan mencuci.

Martik, warga Desa Jelbuk, Kecamatan Jelbuk, Jember mengatakan, dirinya lebih nyaman menggunakan sungai sebagai tempat mandi dan mencuci baju. Hal itu sudah sejak lama dilakukan. “Sejak dulu, kalau untuk nyuci baju dan mandi saya sering disungai. Hampir seluruh warga disini juga memanfaatkan sungai sebagai kegiatan itu, apalagi orang desa, sungai benar-benar dimanfaatkan,” ujar Martik, Kepada Cendana News, saat ditemui di Desa Jelbuk, Kecamatan Jelbuk, Jember, Sabtu (22/5/2021).

Menurutnya, beberapa warga desa seringkali ditawari penyediaan fasilitas toilet umum. Namun, masyatakat lebih nyaman melakukan kegiatannya di sungai. “Hampir sebagian warga desa disini tidak memiliki fasilitas toilet di masing-masing rumah. Sempat beberapa kali warga mendapatkan tawaran untuk pengadaan toilet umum, namun kami sendiri yang tidak mau. Karena jarak rumah dengan aliran sungai yang ada, tidak jauh,” ucapnya.

Aktivitas anak-anak memanfaatkan aliran sungai sebagai tempat bermain dan mandi, di wilayah Jalan Bedadung, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang, Jember, Sabtu (22/5/2021).- Foto Iwan Feri

Aliran air sungai di Desa Jelbuk masih terlihat jernih. Selain itu, desa juga memiliki sumber aliran sungai dari dua sumber air berbeda. Walau terjadi kemarau panjang, aliran sungai tidak pernah kering. “Beberapa tahun yang lalu, di Jember sempat terjadi masa kemarau panjang. Namun aliran air masih tetap seperti biasanya. Akibatnya beberapa desa yang mengalami kekeringan karena sumber airnya tidak ada, banyak datang ketempat sini untuk mandi, nyuci dan tak jarang juga membabawa pulang air sungai menggunakan galon air,” ungkapnya.

Namun sangat disayangkan, kelestarian lingkungan yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut, tidak didukung secara bersama-sama. Masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai. “Walaupun kadang sudah diingatkan, untuk tidak membuang sampah disini, tapi nyatanya tetap saja,” katanya.

Lihat juga...