Lebaran CDN

Warga di DCML Kedungkandang Terbantu Pinjaman ‘Modal Kita’

Editor: Makmun Hidayat

MALANG – Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) melalui berbagai programnya terus memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Di antaranya program pinjaman modal usaha ‘Modal Kita’.

Modal usaha tersebut diberikan melalui koperasi binaan Damandiri di masing-masing Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML). Pinjaman ini nantinya bisa digunakan masyarakat untuk memulai atau mengembangkan usahanya.

Salah satu penerima manfaat, warga DCML Kedungkandang, Dewi, mengaku telah menjadi anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri sejak dua tahun lalu. Selama itu ia telah mengajukan dua kali pinjaman Modal Kita.

“Pinjaman pertama dua juta. Kemudian pinjaman kedua juga sama, tetap dua juta,” akunya kepada Cendana News, Senin (3/5/2021).

Dijelaskan Dewi, pada pinjaman pertama ia gunakan untuk tambahan modal usaha kolam pemancingan ikan lele. Namun sayang usaha tersebut tidak berjalan lancar akibat terdampak pandemi Covid-19.

“Karena pandemi corona itu, sekarang usaha kolam pemancingan untuk sementara berhenti dulu dan diisi dengan ikan nila untuk dipelihara. Sebab pada kondisi pandemi seperti sekarang tidak boleh ada kerumunan, jadi tidak ada yang mancing,” ungkapnya.

Kemudian untuk pinjaman kedua, ia manfaatkan sebagai tambahan modal usaha berjualan kue dan pakaian secara online. Namun demikian kue dan pakaian tersebut, diakui Dewi bukan buatannya sendiri melainkan ia beli dari orang lain untuk kemudian dijual kembali.

“Biasanya kalau di luar bulan Ramadan yang dijual hanya pakaian saja. Tapi kalau di bulan Ramadan seperti sekarang saya jual pakaian dan kue,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan ibu dari satu orang anak ini, selama mengajukan pinjaman pertama dan ke dua tidak pernah terkendala dengan pembayaran angsuran. Sebab ia selalu menyisihkan sebagian keuntungan dari hasil usahanya untuk membayar angsuran.

“Jadi dari pendapatan hasil usaha itu kita sisihkan Rp50 ribu setiap minggunya. Dengan begitu, alhamdulillah selama ini pembayaran angsuran pinjaman selalu lancar,” terangnya.

Menurutnya, pinjaman modal usaha Modal Kita yang diberikan oleh Yayasan yang didirikan oleh Presiden Soeharto tersebut sangat membantu dirinya dalam menjalankan usaha. Terlebih, menurutnya dibandingkan di tempat lain, persyaratan untuk bisa mendapatkan pinjaman Modal Kita lebih mudah dan tidak perlu jaminan.

Karenanya, ke depan setelah angsuran pinjaman yang kedua terlunasi, Dewi mengaku akan kembali mengajukan pinjaman Modal Kita untuk memulai lagi usaha kolam pemancingan.

“Kedepannya ini insyaallah akan mengajukan pinjaman lagi karena sekarang usaha kolam pancingnya masih macet. Kalau sudah bisa berjalan kembali, saya ajukan pinjam uang lagi untuk modal,” tandasnya.

Lihat juga...