Warung Kita DCML Pesantunan Bantu Serap dan Pasarkan Komoditas Bawang Merah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BREBES — Koperasi Berkah Damandiri yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan, Wanasari Brebes Jawa Tengah, ikut berkontribusi besar dalam membantu menyerap dan memasarkan komoditas bawang merah yang dihasilkan petani setempat.

Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan Slamet Abdurokhman. Foto: Jatmika H Kusmargana

Upaya tersebut dilakukan dengan membentuk sentra perdagangan bawang merah, sejak sekitar 2020 lalu.

Selain berfungsi menampung produk bawang merah yang dihasilkan petani, khususnya anggota koperasi, sub unit usaha Warung Kita berupa sentra perdagangan bawang merah ini juga berfungsi mendistribusikan produk bawang merah tersebut ke konsumen-konsumen besar yang ada di luar daerah.

Di samping bertujuan menjaga nilai jual bawang merah agar tidak mudah jatuh saat masa panen raya, keberadaan sub unit usaha Modal Kita Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan berupa sentra perdagangan bawang merah ini juga bertujuan meminimalisir gerak para tengkulak yang kerap merugikan warga.

“Desa Pesantunan ini memiliki sekitar 5.000 kk. Mayoritas diantaranya adalah petani bawang merah. Sehingga setiap kali masa panen raya, produk bawang merah di desa ini selalu melimpah. Dari situlah kita mendirikan sub unit usaha Warung Kita, untuk menyerap dan memasarkan hasil panen warga. Biasanya bawang merah dari petani kita beli lalu kita kirim ke Jakarta dan sekitarnya,” ujar Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman.

Slamet mengatakan meski baru beroperasi sekitar 1 tahun terakhir, sub unit usaha Warung Kita ini diketahui telah mampu berjalan dengan cukup baik. Sepanjang 2020 hingga 2021 lalu, sentra perdagangan bawang merah Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan ini bahkan tercatat mampu menghasikan keuntungan hingga Rp90 juta per tahun. Keuntungan ini didapat dari total modal awal mencapai sekitar Rp270 juta.

“Banyak petani disini yang merasa terbantu. Karena Koperasi membeli bawang merah hasil panen petani dengan harga yang cukup tinggi. Sehingga para petani tidak merugi. Apalagi jika mereka harus menjual hasil panen bawang merah kepada para tengkulak,” katanya.

Lihat juga...