West Ham Masuki Zona Liga Europa Usai Bangkit Tundukkan West Brom

JAKARTA — West Ham United memasuki zona kualifikasi Liga Europa klasemen Liga Inggris seusai bangkit menundukkan tuan rumah West Bromwich Albion dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-37 di Stadion The Hawhtorns, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

West Ham tertinggal lebih dulu akibat gol Matheus Pereira dan harus menunggu hingga pengujung babak pertama untuk menyamakan kedudukan melalui Tomas Soucek.

Lantas dalam 10 menit terakhir waktu normal Angelo Ogbonna dan Michail Antonio bergantian menjebol gawang West Brom demi menuntaskan kebangkitan West Ham.

Tambahan tiga poin membuat West Ham naik ke posisi keenam klasemen dengan raihan 62 poin, menggusur Tottenham Hotspur (59) yang menelan kekalahan dalam laga lebih awal.

Sedangkan West Brom (26), yang sudah terdegradasi, harus menutup performa kandang mereka musim ini dengan dua kekalahan beruntun, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

West Ham memperoleh hadiah tendangan penalti lewat serangan pertama mereka saat Michail Antonio dijatuhkan kiper Sam Johstone.

Namun kesempatan emas itu dibuang sia-sia oleh Declan Rice yang menjadi algojo dan eksekusinya membentur tiang gawang.

Kegagalan itu belakangan harus dibayar mahal, sebab kendati masih relatif mendominasi permainan gawang West Ham malah kebobolan dulu pada menit ke-27 dari situasi sepak pojok.

Bola sepak pojok yang dilepaskan Pereira begitu tajam menghujam area tiang dekat tim tamu dan gagal dihadang oleh Soucek sehingga berakhir masuk ke dalam gawang membawa West Brom memimpin.

Gol itu menyuntik kepercayaan diri para pemain tuan rumah dan mereka nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-35 saat Pereira menyambar bola liar di dalam kotak penalti West Ham, sayang sepakannya kali ini bisa dihadang Aaron Cresswell yang membelokkan bola ke atas mistar gawang.

Dua menit berselang, Hal-Robson Kanu juga hampir menjebol gawang West Ham, jika saja tembakan kaki kirinya tidak dihadang oleh Craig Dawson.

Di tengah momentum West Brom itu, West Ham justru berhasil menyamakan kedudukan di pengujung babak pertama lewat sontekan Soucek di muka gawang tuan rumah menyambut umpan tarik Said Benrahma.

West Ham memasuki babak kedua dengan intensitas tinggi dan nyaris berbalik memimpin ketika eksekusi tendangan bebas Cresswell menghantam tiang gawang pada menit ke-65.

Tim besutan David Moyes terus menekan tapi Johnstone melakukan penyelamatan penting untuk menggagalkan dua peluang bagus Pablo Fornals.

Kerja keras West Ham akhirnya berbuah pada menit ke-82, ketika Ogbonna menyambut umpan sepak pojok kiriman tandukan keras untuk membawa The Hammers berbalik unggul atas tuan rumah. VAR sempat meninjau dugaan handball Ogbonna, sebelum mengesahkan gol tersebut.

Momentum kebangkitan West Ham berlanjut dan dua menit jelang bubaran normal umpan Jesse Lingard diselesaikan dengan sepakan Antonio demi melengkapi kemenangan tim tamu jadi 3-1.

Gol itu sekaligus menegaskan reputasi Antonio sebagai pemain tersubur West Ham dalam laga-laga tandang dengan raihan 25 gol di Liga Inggris.

West Ham akan menutup musim mereka dengan menjamu Southampton di Stadion Olimpiade London pada Minggu (23/5), ketika di laga lain yang dilangsungkan bersamaan West Brom akan bertandang ke Elland Road menghadapi Leeds United. [Ant]

Lihat juga...