Lebaran CDN

Yayasan Damandiri Gelontorkan Dana Hibah Hingga Rp981 Juta ke DCML Cilampunghilir

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

TASIKMALAYA — Sejak pertama kali dicanangkan sebagai desa binaan pada 2018 lalu, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat, hingga tahun 2021 ini tercatat telah menerima bantuan dana hibah sebesar Rp981 juta lebih dari Yayasan Damandiri.

Dana bantuan berbentuk hibah tersebut disalurkan secara bertahap baik itu di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan, operasional pengelola koperasi, santunan bagi warga terdampak Covid-19, hingga sejumlah kegiatan lainnya.

Manager Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Khairul Taufiq Ismail, selaku pelaksana program DCML, di desa Cilampunghilir mengatakan, pada tahun pertama, pihaknya telah menerima dana hibah sebesar Rp105 juta. Meliputi dana pelatihan Tabur Puja/Modal Kita senilai Rp48 juta. Serta dana pengembangan desa sebesar Rp56 juta.

Sementara pada tahun kedua atau 2019, Yayasan Damandiri menggelontorkan dana bantuan hibah mencapai Rp791 juta. Meliputi dana operasional pengelola koperasi senilai Rp82 juta. Dana bantuan PAUD senilai Rp30 juta. Dana bantuan program Lantainisasi senilai Rp507 juta. Hingga dana bantuan program jambanisasi senilai Rp206 juta.

“Untuk dana bantuan siswa PAUD diberikan kepada sebanyak 100 anak. Bantuan lantainisasi diberikan pada sebanyak 388 kk, sedangkan bantuan jambanisasi diberikan pada sebanyak 413 kk,” ujarnya.

Sedangkan pada 2020, Yayasan Damandiri juga tercatat menyalurkan bantuan dana hibah senilai Rp85 juta. Terdiri dari bantuan sarana posyandu sebesar Rp3 juta. Serta bantuan hibah berupa santunan bagi warga terdampak Covid-19 senilai total Rp82 juta yang diberikan pada sebanyak 820 kk.

Adanya berbagai macam bantuan tersebut dikatakan secara langsung telah memberikan dampak positif bagi pengembangan dan kemajuan Desa Cerdas Mandiri Lestari Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Baik itu dalam peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan lingkungan, hingga perekonomian warga.

“Berbagai macam bantuan ini tentu memberikan manfaat luar biasa bagi warga desa. Paling tidak, dapat membantu pemerintah desa dalam mengatasi persoalan pendidikan, kesehatan maupun lingkungan yang ada. Apalagi Yayasan Damandiri, juga menggelontorkan bantuan lain dalam bentuk pinjaman senilai hampir Rp2 milyar lebih. Yang difokuskan untuk menumbuhkan perekonomian warga desa,” katanya.

Lihat juga...