Atasi Sampah, Aliran Sungai di Jubung Dimanfaatkan untuk Budidaya Ikan

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Aliran Sungai Jubung di Jember, Jawa Timur, dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan guna membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan aliran sungai.

Anggota DPRD Jember, Tri Sandi Apriyana mengatakan, memulai langkah awal memanfaatkan sungai di Jember masih sedikit kesulitan karena sampah kerap menumpuk di aliran sungai.

“Untuk memisahkan sampah di sungai, terlebih dahulu kita menerapkan teknis bloking sampah dari hulu. Semua sampah yang melewati aliran kali sungai di sini akan tersaring di hulu,” ujar Tri Sandi Apriyana kepada wartawan, di wilayah Kelurahan Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember, Rabu (9/6/2021).

Menurut Sandi, upaya memanfaatkan sungai sebagai tempat budidaya ikan tidak semudah yang ia bayangkan. Tempat bloking sampah kerap kali dibuka oleh warga karena sampah yang menumpuk.

“Masih wajar sebetulnya, karena ini merupakan pertama kali memanfaatkan sungai sebagai tempat budidaya. Sebagai langkah awal tentunya nanti kami akan melakukan sosialisasi lebih lanjut dengan warga, bagaimana menjaga sungai agar bersih dari sampah,” ungkapnya.

Selain itu, Sandi menyebutkan akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjaga sungai bersih dari sampah. Dirinya akan bekerja sama dengan Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air dan bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup.

“Upaya sinergisitas dengan dinas terkait tujuannya untuk menjaga aliran sungai tetap bersih dan terbebas dari sampah. Sedangkan kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup nantinya turut serta memindahkan tumpukan sampah yang ada di sistem bloking dan dipindahkan ke tempat pembuangan sampah akhir,” jelasnya.

Sandi menambahkan, memanfaatkan kali sungai sebagai tempat budidaya ikan akan memiliki nilai ekonomis apabila dikelola secara terus menerus.

“Karena upaya yang kita lakukan masih langkah awal dalam memanfaatkan sungai. Harapannya nanti oleh warga sekitar sungai yang sudah diberi benih ikan dapat dikelola secara terus menerus dan konsisten,” ucapnya.

Priyono, warga Jubung mengatakan, upaya memanfaatkan sungai sebagai tempat budidaya ikan, selain sungai menjadi bersih dari limbah sampah, juga terbebas dari tumpukan sampah yang didominasi oleh sampah rumah tangga.

“Kami akan berupaya terus menjaga sungai agar tidak dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Tentunya bukan hanya pada sungai di sini saja, nanti di beberapa sungai lainnya juga dapat terbebas dari limbah sampah,” ucapnya.

Lihat juga...