Atlet Karateka Bekasi Tetap Berprestasi Meski Pandemi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Pandemi Covid-19 tidak berarti atlet berhenti mengukir prestasi dengan tidak digelarnya kejuaraan secara offline. Berbagai kejuaraan tetap dilakukan untuk memacu semangat, meskipun dilaksanakan secara online.

Bahkan, tak tanggung-tanggung, sejumlah atlet remaja binaan Bandung Karate Club’ (BKC) Kota Bekasi, Jawa Barat, mampu mengukir prestasi di tingkat internasional, seperti ajang Adidas Karate World Open Seri 2021#3 dan Okinawa e- Tournament World Serie 2021#2.

“Hari ini atlet BKC Kota Bekasi tengah mengikuti kejuaraan Sportdata e-Tournamen Word  Series 2021-Kata, dan sedang berlansung secara online,” kata Dudinurhadi,  coach atau Binpres BKC Kota Bekasi, kepada Cendana News, Jumat (4/6/2021).

Fitri Ayu Novita Sari, atlet karate BKC Kota Bekasi, sebelum pembuatan video Kata yang akan diikutkan dalam turnamen online Okinawa e- Tournament World Serie 2021#2, Jumat (4/6/2021). –Foto: M Amin

Dikatakan, saat ini kejuaraan terus digelar meski secara online di tingkat internasional. Mereka atlet karate binaan juga telah beberapa kali juara, baik di tingkat nasional dan daerah seperti O2SN, Kejuaraan internasional Batam open dan lainnya.

Pertandingan semuanya digelar sistem series online, mulai dari register dan pembuatan video. Dudi mengakui sama dengan kejuaraan BWF sistem series online, mulai dari registrasi pembuatan video di upload ke YouTube dinilai tingkat dunia.

Dari 8 orang atlet, Kata berprestasi yang diikutkan dalam kejuaraan Okinawa e-Tournament World Serie 2021#2 mereka mampu mendapat ranking lima dunia dengan perolehan  lima emas, tiga perak dua perunggu.

“Tapi memang dari Regu ada yang lebih menonjol atas nama Fitri Ayu Novita Sari dan Fajar Ramadhan. Mereka juga kerap juara di tingkat daerah dan nasional yang dilaksanakan offline sebelum pandemi Covid-19,”papar Dudi.

Namun demikian, jelasnya, untuk kekuatan perorangan dan kumite sebenarnya sama semua. Karena karate terbagi dalam beberapa bagian yang memerlukan kerja sama tim, sehingga tidak ada yang spesial. Kemungkinan perbedaannya pada jam pertandingan.

Mereka merupakan remaja putra-putri Kota Patriot, yang terus mengukir prestasi di tingkat nasional dan internasional. Dan, baru baru ini mendapat dukungan dari semua pihak.

Atlet Kata perorangan putra dan putri yang dibina BKC Kota Bekasi dan telah mengukir prestasi tersebut, pertama Fitri Ayu Novita Sari, Wahyu Fajar Ramadhan, Muhammad Ramdan, Askar Muhshi Bagaskara, Aisha Camille Nurhaila dan Surya Putra Rizaldi.

Sedangkan Atlet Kumite Putra Putri Bagas Fiqri, Bintang Restu Nanda, Ernest Rafael, M. Firmansyah, Muhammad Alhaqie, Achmad Gilang Samutra, Dinda Putri Rosalia, Syafira Puspa Maharani.

“Latihan dan terus berlatih, karena kunci karate ada seni bergerak. Kami tentu terus berlatih meskipun di tengah pandemi, bahkan lebih banyak waktu karena sekolah libur, jadi mengisi kekosongan itu adalah berlatih bersama Coach Dudi,” ujar Fitri Ayu yang telah beberapa kali mengukir prestasi membawa nama Kota Bekasi ini.

Lihat juga...