Banyumas Tutup Semua Pelayanan Offline

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Meningkatnya kasus positif Covid-19 yang cukup tajam, membuat Kabupaten Banyumas harus menutup semua pelayanan offline dan lebih memaksimalkan pelayanan online. Penutupan dilakukan selama satu minggu penuh dan baru dibuka kembali pada tanggal 4 Juli mendatang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas, Amrin Ma’ruf di MPP, Selasa (29/6/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Pelayanan offline yang ditutup antara lain, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akte kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) serta  berbagai macam bentuk perizinan pada Mal Pelayanan Publik (MPP).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas, Amrin Ma’ruf mengatakan, untuk mal pelayanan publik baru efektif tutup total mulai hari ini, Selasa (29/6/2021). Sebab, hari Senin kemarin masih menyelesaikan persiapan menjelang tutup total selama satu minggu.

“Surat dari bupati baru kita terima kemarin, sehingga kemarin kita masih menyelesaikan persiapan untuk tutup satu minggu dan masyarakat yang datang ke MPP, karena petugas masih ada, tetap dilayani. Hanya mulai hari ini sudah tidak ada lagi pelayanan offline, semua menggunakan pelayanan online,” kata Amrin, Selasa (29/6/2021).

Mal pelayanan publik selama ini melayani berbagai macam bentuk perizinan dan ada puluhan dinas serta instansi yang bernaung di bawahnya dalam hal perizinan. Dengan ditutupnya pelayanan offline selama satu minggu, Amrin mengakui, otomatis akan ada penurunan kepengurusan perizinan. Mengingat selama ini banyak masyarakat yang datang untuk mengurus perizinan ataupun berkonsultasi dengan petugas dari masing-masing stan yang ada di MPP.

“Sudah pasti menurun, tetapi kita harus menyesuikan karena penutupan ini dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, jadi untuk kepentingan bersama juga. Untuk konsultasi perizinan tetap bisa dilakukan secara daring, karena meskipun tidak berkantor di MPP, petugas masing-masing stan tetap siap melayani via daring,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas, Wisnu Jatmiko mengatakan, pihaknya juga mengalihkan pelayanan offline ke pelayanan daring untuk keseluruhan bentuk pelayanan di Dindukcapil. Masyarakat bisa mengakses layanan online melalui website pemkab.

“Semua bentuk pelayanan offline ditutup mulai hari Senin (28/6/2021) kemarin, jadi masyarakat silahkan mengurus surat-surat kependudukan melalui website pemkab, tetap ada petugas kami yang melayani sesuai jam kerja normal,” ucapnya.

Lihat juga...