Begini Cara Jitu Pilih Durian Tanpa Tertipu

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Menikmati buah durian yang sudah masak, dengan rasa enak serta memiliki daging buah yang tebal, menjadi keinginan para pembeli raja buah tersebut. Namun jika tidak jeli memilih, bisa jadi kualitas durian yang dibeli, jauh dari harapan.

“Membeli durian yang rasa enak, tebal isinya, warnanya yang menggoda, tidak terlepas jenis durian yang dipilih. Itu juga sesuai kemampuan kantong kita, namun setidaknya jangan sampai salah pilih, dengan mengambil durian yang masih mentah atau busuk,” papar penggemar durian, Syamsudin, saat ditemui di warung Raja Durian, Gunungpati, Semarang, Selasa (1/6/2021).

Tidak ada persoalan jika durian yang dibeli tersebut, dimakan di tempat, pembeli bisa menukarkannya lansung kepada penjual. Namun persoalannya, ketika durian tersebut dibawa pulang ke rumah, dengan jarak yang cukup jauh dari lokasi pembelian.

“Kalau busuk atau mentah, mau mengembalikannya, aras-arasen (ogah-ogahan-red) karena jauh dan belum tentu, semua pedagang durian mau menerima kembali,” terangnya.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memilih buah durian yang tepat dan sudah masak.

“Pilih buah durian yang sempurna. Misalnya tidak bolong atau ada sebagian yang kepet (tidak berisi-red). Lubang pada buah durian, bisa jadi didalamnya ada ulat, sehingga dipastikan buah tersebut rusak atau busuk,” terangnya.

Langkah selanjutnya, cek kondisi tangkai pada buah durian. Jika sudah kering, bisa dipastikan durian tersebut dipetik dalam waktu cukup lama, sehingga bisa mempengaruhi rasa.

“Apalagi durian sudah merekah. Jangan dipilih, karena gas dalam durian sudah keluar membuat rasa menjadi  tawar atau berkurang mantap. Selain itu, bisa jadi durian tersebut sebagian masih mentah, karena proses pematangan oleh gas dalam buah tersebut berkurang,” ungkapnya.

Bisa juga dengan menggoncang buah durian, jika berbunyi atau agak longgar di dalamnya, dipastikan isi duriannya sudah matang. “Bisa juga dengan mencium aroma atau bau durian, durian yang sudah matang pasti mengeluarkan gas berbau durian yang khas. Ini juga bisa menjadi cara memilih durian yang matang,” tambahnya.

Cara lainnya, dengan meminta garansi kepada penjual, bahwa durian yang dijualnya dipastikan matang dan enak. “Jika tidak enak atau tidak matang, masih mentah, bisa dikembalikan. Namun memang jadi rugi waktu dan tenaga, jika harus bolak balik,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan penjual durian di Raja Durian Gunungpati, , Imam Imron. Menurutnya dengan cara mencium aroma durian, juga bisa menunjukkan bahwa durian tersebut sudah matang atau belum.

“Pilih juga durian yang berbentuk sempurna. Kita juga mengenal  kelas-kelasan atau grade untuk durian, khususnya untuk jenis montong Gunungpati (Monti). Penentuan grade dan harga jualnya, juga melihat bentuk durian. Jika lonjong atau bundar sempurna, lebih mahal karena isinya pasti lebih banyak dibanding yang tidak sempurna,” terangnya.

Di lain sisi, untuk menjaga kepercayaan pembeli, pihaknya menggaransi bahwa semua buah durian yang dijualnya pasti masak atau matang. “Jika masih mentah atau busuk, kita ganti. Silakan ditukarkan, ini kita garansi,” pungkasnya.

Lihat juga...