Bekap Turki 2-0, Wales Jejakkan Satu Kaki di 16 Besar Euro 2020

JAKARTA – Tim nasional Wales, praktis menjejakkan satu kaki mereka di babak 16 besar Euro 2020, seusai membekap Turki 2-0, dalam lanjutan Grup A di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6/2021) waktu setempat atau Kamis (17/6/2021) dinihari WIB.

Kapten Wales, Gareth Bale, membuang sia-sia satu tendangan penalti. Tetapi ia membukukan dua assist untuk kedua gol timnya, yang dicetak Aaron Ramsey dan Connor Roberts. Dengan kemenangan ini, Wales sementara naik ke puncak klasemen Grup A, dengan raihan empat poin. Namun posisi tersebut masih akan berubah karena hasil laga Italia kontra Swiss belum didapatkan karena laga berlangsung lebih larut.

Raihan empat poin, praktis membuat Wales berpeluang besar untuk lolos ke 16 besar, entah sebagai dua tim teratas klasemen akhir Grup A, maupun menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen. Tak seperti di pertandingan pertama, Wales tampil lebih agresif sejak awal laga. Menghadapi Turki, Wales nyaris memimpin pada menit keenam, jika saja tembakan Ramsey tak diamankan kiper Ugurcan Cakir.

Turki, balik mengancam pada menit ke-14, melalui sepakan jarak jauh Cengiz Under yang masih mudah untuk ditangkap kiper Danny Ward. Tiga menit berselang, para pemain Wales menuntut hadiah tendangan penalti, setelah bola terlihat jelas mengenai lengan bek Turki, Caglar Soyuncu, di dalam area terlarang. Tetapi wasit, Artur Manuel Soares Dias, mengabaikannya.

Pada menit ke-24, Ramsey kembali memperoleh peluang, tapi penyelesaiannya malah melambung tinggi di atas mistar gawang. Lima menit berselang di ujung lapangan berlawanan, Joseff Morrell melakukan halauan penting, atas peluang Kaan Ayhan, sebelum bola melewati garis gawang. Kebuntuan pecah tiga menit jelang turun minum, ketika Ramsey lolos dari kawalan untuk menyambut umpan lambung kiriman Bale, dengan dadanya sebelum menyontek bola memperdaya Cakir demi membuka keunggulan Wales.

Turki, memasuki babak kedua dengan agresivitas lebih tinggi dan memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Ayhan mengirim umpan sundulan ke muka gawang, tapi Burak Yilmaz malah melakukan tendangan voli yang melambung tinggi di atas sasaran. Empat menit berselang, Cakir, melakukan penyelamatan gemilang untuk mencetak tembakan jarak dekat Ramsey, yang berusaha menggandakan keunggulan Wales.

Wales, memperoleh kesempatan bagus untuk betul-betul menggandakan keunggulan mereka saat mendapat hadiah tendangan penalti. Tetapi Bale, yang menjadi algojo malah melepaskan sepakan tinggi di atas mistar gawang. Bale, nyaris segera membayar kesalahannya dengan memotong umpan sapuan Cakir, sayang bola berakhir di samping gawang Turki.

Turki terus berusaha menyamakan kedudukan dan hampir berhasil melakukannya lewat tandukan tajam Merih Demiral, dalam situasi sepak pojok pada menit ke-87. Sayang, Ward bereaksi sigap untuk menepis bola. Drama terjadi di dalam kotak penalti Wales, tepat di pengujung waktu normal. Namun, Yilmaz kurang senang dengan reaksi berlebih Joe Rodon, dan hal itu menimbulkan konfrontasi antara pemain kedua tim berujung empat kartu kuning dari wasit.

Wales, dengan tenang terus menjaga keunggulan mereka dan pada menit kelima injury time, Bale dengan cermat mengirim umpan tarik untuk diselesaikan Roberts, yang mengunci kemenangan 2-0 atas Turki. Rangkaian pertandingan penutup Grup A akan dimainkan serentak pada Minggu (20/6/2021), saat Wales bertandang ke Roma menghadapi Italia, dan Turki bertemu Swiss di Baku. (Ant)

Lihat juga...