Bina Kawasan Tertinggal, Kemenag Buka Pendaftaran Guru PAI

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini kembali membuka kesempatan bagi guru pendidikan agama Islam (PAI) untuk menjalankan tugas pembinaan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PAI, Rohmat Mulyana mengungkapkan, bahwa pendaftaran untuk mengikuti program tersebut telah dibuka sejak 23 Juni kemarin, dan akan ditutup pada 10 Juli mendatang.

“Tahun 2021 ini ada 25 kuota yang tersedia untuk para guru PAI yang berminat menjadi agen moderasi beragama sekaligus guru bina kawasan di daerah 3T tersebut,” ujar Rohmat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/6/2021).

Rohmat menegaskan, bahwa program bina Kawasan 3T menjadi salah satu program unggulan Kementerian Agama RI. Pasalnya, program tersebut telah terbukti dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Ini kesempatan yang sangat baik. Untuk itu sekali lagi kami undang guru PAI untuk ikut proses seleksinya,” tutur Rohmat.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian TU Direktorat PAI, Rizky Fisa Abadi, menambahkan, pendaftaran program Bina Kawasan daerah 3T dilakukan secara online. Calon peserta bisa mendaftar melalui akun SILABA (Sistem Informasi Layanan Bantuan) dengan mengakses https://simwas.kemenag.go.id/silaba/

“Jadi untuk mendaftar, peserta harus registrasi terlebih dahulu melalui akun SILABA yang pendaftarannya ditutup hingga Juli 2021,” jelas Rizky.

Seleksi administrasi peserta yang mendaftar akan dilakukan pada 11 – 13 Juli 2021. Hasilnya akan diumumkan 14 Juli 2021.

Peserta yang lulus seleksi administrasi, harus mengikuti tahap seleksi wawancara pada 15 – 20 Juli 2021. Peserta yang lulus seleksi wawancara diumumkan pada 22 Juli 2021.

“Calon peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pada 25 Juli hingga 1 Agustus 2021. Peserta program ini rencanamya akan diberangkatkan ke lokasi pada 2 atau 3 Agustus 2021,” jelasnya.

Secara lengkap juknis dan panduan pendaftaran BK3T tahun 2021 bisa dilihat pada portal http://www.pendis.kemenag.go.id/pai/

Lihat juga...