Capaian Vaksinasi di Mataram 80.000 Jiwa

MATARAM – Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan cakupan vaksinasi COVID-19 bagi warga di kota itu untuk usia 18 tahun ke atas baru mencapai sekitar 80.000 jiwa dari target sasaran sekitar 300.000 jiwa.

“Target sasaran vaksinasi kita sebesar 70 persen atau sekitar 300 ribu jiwa dari total jumlah penduduk Kota Mataram sekitar 450.000 jiwa,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram, dr H Usman Hadi di Mataram, Rabu.

Terkait dengan itu, dinkes melakukan percepatan dengan membuka layanan vaksinasi pada semua fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di kota itu, untuk memberikan vaksinasi COVID-19 massal dengan sasaran usia 18 tahun ke atas.

“Kegiatan vaksinasi massal ini dimaksudkan untuk mendekatkan dan mempercepat pelayanan cakupan vaksinasi COVID-19, sehingga kekebalan kelompok bisa tercapai,” katanya.

Faskes pelayanan vaksinasi COVID-19 yang dimaksudkan adalah rumah sakit, baik rumah sakit swasta maupun pemerintah, serta 11 puskesmas yang tersebar di enam kecamatan.

“Jadi semua masyarakat usia 18 tahun ke atas yang ingin divaksin COVID-19 bisa datang ke faskes terdekat dari tempat tinggal. Pelayanan vaksinasi diberikan secara gratis,” katanya.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi massal ini bekerja sama dengan Polda NTB melalui Polresta Mataram dalam rangka Hari Bayangkara Ke-75 tahun 2021, dengan target sasaran sekitar 5.000 orang.

“Tapi stok vaksin yang ada di kami saat ini sekitar 12.000 dosis, dengan jenis Sinovac. Masa kedaluwarsa stok vaksin ini masih lama, silakan jika mau dicek langsung,” katanya kepada sejumlah wartawan.

Apalagi, tambahnya, pemerintah saat ini telah mengeluarkan kebijakan terkait sasaran vaksin usia, mulai usia 12-17 tahun, yang pastinya target cakupan bertambah.

“Karena itu, kami perlu melakukan percepatan dengan membuka pelayanan vaksinasi pada setiap faskes,” katanya. (Ant)

Lihat juga...