Cegah ‘Stunting’, Warga Desa Jubung Diajak Gemar Makan Ikan

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Kepala Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Bhisma Perdana, mengajak warganya gemar memakan ikan untuk mencegah kasus stunting.

Ia menyebutkan kandungan dan manfaat ikan dapat mencegah masalah gizi buruk yang menghambat pertumbuhan anak, baik secara fisik dan pikiran.

“Mengatasi persoalan stunting akibat gizi buruk dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan cukup rutin. Sehingga kebutuhan gizi dapat tercukupi dengan baik. Dalam memenuhi kubutuhan ikan, nantinya akan kami fasilitasi,” ujarnya kepada Cendana News, di Jember, Jumat (11/6/2021).

Bhisma mengatakan, dirinya memiliki target dalam mengatasi persoalan stunting di wilayahnya. Selama satu tahun jumlah stunting dapat segera diatasi.

“Target selama satu tahun, angka stunting menjadi zero stunting. Kita upayakan kebutuhan gizi dan protein masyarakat tercukupi,” ucapnya.

Proses peletakan batu pertama pembuatan kolam, dilakukan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto di wilayah Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember, Jumat (11/6/2021). -Foto Iwan Feri Yanto

Untuk memenuhi ketersediaan ikan, kata Bhisma, pihaknya telah menyiapkan 5 kolam sebagai tempat budidaya ikan. “Pengelolaan ikan nantinya kami ajak masyarakat. Sehingga proses budidaya ikan dilakukan secara bersama-sama,” katanya.

Bhisma menjelaskan, akan memprioritaskan masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang jumlahnya mencapai 400 orang.

“Satu lingkungan nantinya kita buatkan kolam. Dikelola oleh masyarakat sekitar dengan menunjuk penanggung jawab. Sehingga pembudidayaan ikan akan berjalan terus,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat berkunjung ke Desa Jubung mengatakan, dengan adanya semangat mengatasi persoalan stunting di Jember, pemenuhan gizi dan protein diharapkan tercukupi oleh warga.

“Mengatasi persoalan stunting, dengan keterlibatan semua pihak seperti kader PKK harus terus berkolaborasi dengan RT/RW, kemudian memberikan edukasi,” ucapnya.

Lihat juga...