China: Musuh Nyata Ingin Hong Kong Jadi Pion dalam Geopolitik

HONG KONG — Perwakilan utama pemerintah China di Hong Kong mengatakan pada Sabtu orang-orang yang mencoba mengubah kota itu menjadi “pion dalam geopolitik” adalah “musuh nyata” dan Beijing adalah pembela sejati status khusus kota itu.

Luo Huining, direktur Kantor Penghubung Hong Kong untuk China, mengatakan kepada sebuah forum bahwa pusat keuangan itu, bekas koloni Inggris yang diserahkan ke China pada 1997, tetap menjadi salah satu ekonomi paling kompetitif di dunia, South China Morning Post melaporkan.

“Mereka yang mencoba mengubah Hong Kong menjadi pion dalam geopolitik, alat untuk mengekang China, serta jembatan untuk menyusup ke daratan, sedang menghancurkan fondasi satu negara, dua sistem,” kata Luo, merujuk pada formula yang disepakati saat itu. Inggris menyerahkan kota itu kembali yang bertujuan untuk melestarikan kebebasan dan perannya sebagai pusat keuangan.

“Mereka adalah musuh nyata kemakmuran dan stabilitas Hong Kong,” katanya, tanpa mengidentifikasi orang atau kelompok mana pun.

Luo mengatakan Partai Komunis yang berkuasa adalah “pencipta, pemimpin, pelaksana dan pembela satu negara, dua sistem”.

Lihat juga...