Damandiri Dorong Koperasi Serap Kentang Petani DCML Dieng Kulon

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANJARNEGARA — Ketua Yayasan Damandiri Letjen (Purn) Soegiono, mendorong Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri agar mampu berkontribusi lebih dalam membantu meningkatkan kesejahteraan para petani kentang yang ada di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Salah satunya adalah dengan menyerap komoditas kentang yang dihasilkan para petani, untuk kemudian didistribusikan ke daerah-daerah lain di luar wilayah Dieng maupun Banjarnegara. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan nilai jual komoditas kentang yang dihasilkan petani. Sehingga petani tidak dirugikan oleh para tengkulak yang kerap memainkan harga.

“Jika koperasi bisa menyerap kentang yang dihasilkan petani, maka posisi tawar petani (dalam menentukan harga jual kentang) akan semakin kuat. Para tengkulak tidak akan bisa lagi menentukan harga sesukanya. Selain itu, koperasi juga bisa mendapatkan untung. Daripada para tengkulak yang untung, lebih baik keuntungan itu untuk koperasi,” katanya saat berdialog dengan warga desa Dieng Kulon, Minggu (13/06/2021).

Soegiono mengatakan, koperasi Pelita Sejahtera Mandiri, harus terus melakukan sejumlah inovasi demi kepentingan seluruh masyarakat desa.

Ide-ide maupun gagasan baru semacam ini dinilai sangat penting dan dibutuhkan untuk dapat mengatasi berbagai persoalan yang ada di DCML Dieng Kulon. Dengan begitu, tujuan utama program Desa Cerdas Mandiri Lestari, yakni dalam mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan bisa tercapai.

Sejumlah pengurus Yayasan Damandiri saat melakukan dialog bersama warga Desa Cerdas Mandiri Lestari DCML Dieng Kulon Batur Banjarnegara Jawa Tengah bertempat di Pendopo Soeharto, Sabtu (13/06/2021). Foto: Jatmika H Kusmargana
Lihat juga...