Damandiri Gelontorkan Hibah Rp1,436 Miliar di DCML Pesantunan Brebes

Editor: Makmun Hidayat

BREBES — Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), selain aktif melakukan pembenahan sektor pendidikan,  juga gencar dalam pemberdayaan di sektor kesehatan dan lingkungan, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Khusus untuk sektor kesehatan dan lingkungan saja, sejak tahun 2018 hingga tahun 2021 ini, Yayasan Damandiri bahkan tercatat telah menggelontorkan dana bantuan hibah hingga mencapai Rp1,436 miliar lebih.

Jumlah tersebut meliputi program renovasi rumah tak layak huni senilai Rp565 juta. Program Lantainisasi senilai Rp769 juta. Program Jambanisasi senilai Rp74juta. Hingga sejumlah program lainnya senilai Rp28juta.

“Program bantuan bedah rumah diberikan pada sebanyak 27 warga miskin. Mereka tidak saja diberikan rumah sehat, namun juga dibuatkan semacam warung untuk memulai usaha. Untuk program Lantainisasi ada sebanyak 513 warga penerima. Sedangkan untuk program Jambanisasi jumlah penerima mencapai 148 unit. Mereka semua berasal dari keluarga prasejahtera maupun sejahtera 1 yang rumahnya masuk kategori tak layak huni,” ungkap Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan Slamet Abdurokhman, Senin (7/6/2021).

Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan Slamet Abdurokhman saat dihubungi Senin (7/6/2021). -Foto Jatmika H. Kusmargana/HO

Tak hanya itu saja, pemberdayaan di sektor kesehatan dan lingkungan juga dilakukan Yayasan Damandiri, melalui sejumlah program lainnya seperti pelatihan dan pembinaan kader posyandu, pemberian dukungan sarana posyandu, hingga pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita.

“Selain para kadernya dilatih agar kapasitasnya semakin meningkat, setiap posyandu di Desa Pesantunan juga diberikan bantuan sarana pendukung. Mulai dari timbangan bayi, timbangan balita, pengukur tinggi badan, hingga meja periksa. Dengan begitu kualitas pelayanan setiap posyandu juga semakin membaik,” ungkapnya.

Slamet, selaku pelaksana program DCML di Desa Pesantunan sendiri menilai berbagai upaya pemberdayaan yang dilakukan secara bertahap oleh Yayasan Damandiri, di sektor kesehatan dan lingkungan tersebut, terbukti mampu berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pasalnya selain akses maupun kualitas pelayanan kesehatan semakin meningkat, kesadaran masyarakat desa terhadap persoalan kesehatan dan lingkungan juga semakin membaik.

“Adanya program Bedah Rumah, Lantainisasi maupun Jambanisasi yang dijalankan Yayasan Damandiri, mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Adanya program ini juga berkontribusi besar membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan di sektor kesehatan dan lingkungan di Desa Pesantunan,” katanya.

Lihat juga...