Damandiri Kawal Pengembangan Objek Wisata Dieng Garden

Jurnalis: Koko Triarko

BANJARNEGARA — Masyarakat desa Dieng Kulon di kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, saat ini sedang merintis objek wisata baru Dieng Garden Taman Kita di kawasan Candi Arjuna Dieng Kulon. Objek wisata ini nantinya diharapkan mampu mendongrak penghasilan warga sekitar.

Pengelola Dieng Garden, Bagus Ramdani Setyawan mengemukakan, Dieng Garden dibangun di atas tanah bengkok desa setempat seluas 2.750 meter persegi. Berada tepat sebelum gerbang masuk objek wisata Candi Arjuna di jalan Pandawa Lima, Batur, Banjarnegara.

“Ini dibangun dari dana hibah Yayasan Damandiri sebesar kurang lebih Rp2,1 miliar sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat melalui program desa cerdas mandiri lestari (DCML). Akan dikelola oleh warga melalui koperasi, dengan sistem bagi hasil ke pemerintah desa selaku pemilik lahan bengkok,” jelas Bagus Ramdani Setyawan, saat ditemui sebelum audiensi bersama pimpinan Yayasan Damandiri di Pendopo Soeharto, Dieng Kulon, Sabtu (13/6/2021).

Meski sudah selesai dibangun dan siap dibuka sejak 2019 lalu, namun hingga kini Dieng Garden belum diluncurkan karena dampak pembatasan sosial pandemi Covid-19.

Objek wisata Dieng Garden di Dieng Kulon, Batur Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (13/6/2021). -Foto: Koko Triarko

Dieng Garden dengan taman bunga aneka warna dan jenis serta wahana permainan anak, ke depan akan dikembangkan lagi dengan konsep edukasi dan agribisnis. Wisata petik buah stroberi dan hewan piaraan tengah dipersiapkan sebagai daya tarik baru. Di samping spot foto menarik lainnya.

Dengan potensi besar jumlah kunjungan yang tinggi karena berada di lokasi strategis, pun Ketua Yayasan Damandiri, Letjen (purn) Soegiono berpesan kepada kepala desa setempat, agar Dieng Garden dijaga dan bisa terus dilanjutkan. Hal ini mengingat Dieng Garden yang berada di atas lahan bengkok kepala desa.

“Sejauh ini untuk Dieng Garden tidak ada kendala. Kita hanya tinggal menyiapkan dan mengembangkan produk makanan khas seperti kentang. Jadi, nanti kentang tidak hanya diolah menjadi keripik saja,” kata Letjen (purn) Soegiono, saat meninjau Dieng Garden, didampingi sekretaris yayasan Firdaus dan Retnosari Widowati, Pengawas program Fuad Bawazier, dan pengelola koperasi KUD Pelita Sejahtera Mandiri dan kepala desa setempat.

Jajaran pimpinan Yayasan Damandiri meninjau lokasi Dieng Garden usai beraudiensi bersama stakeholders setempat di Pendopo Soeharto, membahas upaya pengembangan objek wisata baru tersebut, Sabtu siang.

Lihat juga...