Danau Cipeucang Hadirkan Konsep Alam Kekinian Berpadu Kebudayaan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI – Danau Cipeucang, menjadi daya tarik baru di wilayah perbatasan antara Kota dengan wilayah Kabupaten Bekasi. Minimnya wisata alam di wilayah setempat menjadikan lokasi danau dengan suasana rindang dan masih terlihat alami, sebagai alternatif tempat baru hanya untuk sekedar menghabiskan waktu diakhir pekan bersama keluarga.

Sulaeman Amir, ketua Pokdarwis BTR 3, Cimuning, Mustikajaya di Danau Cipeucang,, Minggu (6/6/2021). Foto: Muhammad Amin

“Danau Cipeucang ini, jadi alternatif untuk merasakan suasana berbeda. Selain menikmati suasana alam, bisa jadi alternatif mengenalkan wisata air kepada anak seperti bermain perahu motor dan naik Speedboat berkeliling danau,” ujar Ramnah, mengaku dari wilayah Bantargebang, Minggu (6/6/2021).

Selain berkeliling danau dengan menggunakan speedboat atau perahu motor yang sudah disiapkan pihak pengelola, juga banyak lokasi untuk berswafoto dan menikmati aneka kuliner khas yang disediakan di gazebo dan warung-warung diareal danau Cipeucang, yang harganya cukup terjangkau.

Danau Cipeucang dikelola oleh Pokdarwis BTR 3, yang diketuai oleh Sulaeman Amir. Kehadiran Danau Cipeucang, dengan konsep memanfaatkan potensi disekitar telah mendapat dukungan dari dinas Pariwisata Kota Bekasi, yang telah berkunjung.

“Pemerintah melalui Dinas Pariwisata, memberi dukungan. Tentunya ini jadi motovasi kami dalam mengelola areal Danau Cipeucang menjadi areal wisata baru bagi di Mustika Jaya,” ujar Sulaeman yang kesehariannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Cimuning, Polsek Bantargebang kepada Cendana News.

Dikatakan saat ini pengembangan danau Cipeucang mulai melakukan penambahan wahana sebagai fasilitas untuk menarik minat pengunjung, seperti areal outbond dan kedepan akan dikembangkan rumah budaya nusantara.

“Jadi selain wisata alam, Danau Cipeucang juga akan menjadi satu wisata edukasi dan dan wisata budaya untuk mengenal dan ikut melestarikan budaya peninggalan leluhur, salah satunya dengan mengenal bentuk-bentuk rumah budaya nusantara,” paparnya.

Saat ini jelasnya, pengunjung baru bisa sebatas bersantai di saung-saung yang ada sambil menikmati aneka jajanan ringan atau minuman dengan harga terjangkau.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Agus Enap, sebelumnya menyambut baik kreatifitas Pokdarwis di wilayah Mustikajaya. Menurut Agus, pengembang danau Cipeucang adalah cita-cita masyarakat yang ingin membangun lokasi wisata di wilayahnya.

“Saya hanya mengingatkan bahwa destinasi wisata akan tumbuh dan berkembang apabila tercipta dari keinginan masyarakat itu sendiri. Danau Cipeucang adalah contoh dari kesadaran masyarakat untuk menggali potensi wilayahnya,” jelasnya.

Kehadiran destinasi wisata baru danau Cipeucang akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat, salah satunya ekonomi dan kesadaran menjaga lingkungan.

Danau Cipeucang berada di kawasan perumahan Bekasi Timur Regensi (BTR) 3, Kelurahan Cimuning, Mustikajaya. Sejak idul Fitri lalu lokasi tersebut kian ramai dikunjungi. Bahkan tidak sedikit goweser menjadikan tempat itu sebagai lokasi rest area, saat berkeliling diakhir pekan.

Lihat juga...