Data tak Sesuai, Orang Tua Datangi Posko PPDB Semarang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Posko pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN Kota Semarang, di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, ramai didatangi orang tua calon peserta didik.

Mereka rata-rata datang untuk melakukan verifikasi data yang berbeda, seperti piagam penghargaan atau kejuaraan, hingga data diri calon peserta didik.

“Saya datang ke mari untuk melakukan verifikasi data piagam kejuaraan matematika, yang diperoleh anak saya. Soalnya ketika dicek, belum masuk dalam sistem, jadi mau dikonfirmasi,” papar orang tua calon peserta didik, Agus, warga Ngaliyan Semarang, saat ditemui di lokasi, Kamis (24/6/2021).

Dirinya mengaku dilayani dengan baik dan diarahkan ke meja loket yang tersedia. “Sudah dijelaskan tadi, kenapa tidak bisa masuk dalam sistem. Sekarang sudah bisa, jadi lega. Soalnya, nilai prestasi ini juga digunakan sebagai tambahan nilai dalam penerimaan PPDB SMPN,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Rahmayadi, warga Srondol Kulon Semarang tersebut, yang mengaku datang ke Posko Pengaduan PPDB SMPN, untuk bertanya terkait ketidaksesuaian data diri anak.

“Sudah diarahkan juga, tadi diminta ke meja yang dijaga oleh petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang. Jadi keluhannya sudah disampaikan juga,” terangnya.

Sementara, Sekretaris Disdik Kota Semarang, Hari Waluyo, menuturkan, tahapan Pra-Pendaftaran merupakan tahap awal yang wajib dilakukan calon peserta didik sebelum proses Pendaftaran PPDB Kota Semarang 2021/2022. Pra-Pendaftaran bertujuan untuk melakukan verifikasi data pendaftar.

Sekretaris Disdik Kota Semarang, Hari Waluyo, saat ditemui di kantor Disdik Kota Semarang, Kamis (24/6/2021). Foto: Arixc Ardana

“Jadi pada tahap ini, untuk jenjang SMPN, data nominasi awal yang digunakan berasal dari Disdukcapil Kota Semarang, data rapor dari sekolah asal, dan data prestasi dari sangjuara.semarangkota.go.id. Calon peserta didik diwajibkan melakukan pemeriksaan ulang data sebelum submit formulir Pra-Pendaftaran. Apabila ada data yang tidak sesuai maka dapat diajukan koreksi data,” terangnya.

Jika masih mengalami kendala, koreksi data bisa dilakukan dengan mendatangi Posko Pengaduan PPDB yang disediakan Disdik Kota Semarang.

“Pelaksanaan PPDB Kota Semarang 2021/2022 seluruhnya dilaksanakan secara online baik dari prapendaftaran, pendaftaran, pengumuman hingga daftar ulang, namun meski demikian, jika ada orang tua calon siswa yang kesulitan, tetap bisa datang untuk kami bantu,” tambahnya.

Dipaparkan, layanan pengaduan PPDB Kota Semarang tersebut dibuka setiap hari kerja, mulai pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB, hingga pelaksanaan PPDB selesai, baik untuk jenjang TK, SD dan SMP.

Lihat juga...