Di Mukomuko, Sebanyak 1.092 Nakes Sudah Selesai Divaksin

Tenaga kesehatan di Kabupaten Mukomuko mengambil sampel tes usap atau swab santri – foto Ant

MUKOMUKO – Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bengkulu menyebut, sebanyak 1.091 Tenaga Kesehatan (Nakes) di daerah itu, sudah divaksin COVID-19 secara lengkap, yakni dosis I dan II.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo mengatakan, sebanyak 1.091 nakes tersebut tersebar di 17 Puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan. Kendati demikian, sampai sekarang masih ada 144 nakes di Mukomuko, yang telah menerima penyuntikan tetapi belum menerima vaksin COVID-19 dosis II. “Masih banyak nakes yang belum menjalani vaksin COVID-19 dosisi II, karena kondisi kesehatannya belum memungkinkan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan skrining,” ujar Bustam, Rabu (2/6/2021).

Meskipun dosis I dan II telah selesai tahap pertama, namun pemberian vaksin COVID-19 bagi nakes tetap berlanjut pada tahap kedua. Saat ini, tenaga kesehatan di Mukomuko, masih menunggu kondisi kesehatan pulih untuk menerima penyuntikan vaksin COVID-19 dosis II.

Sementara itu, masih ada 159 orang dari 1.394 tenaga kesehatan yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19, belum divaksin, karena alasan kondisi kesehatan dan sedang hamil. Nakes tersebut tidak bisa menjalani vaksinasi pada jadwal yang telah ditetapkan. “Yang batal dan ditunda menerima vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, mereka akan mendapat vaksin setelah kondisi kesehatannya benar-benar sudah pulih,” tandasnya.

Sasaran vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan di Mukomuko tercatat sebanyak 1.394 orang. Namun jumlah tenaga kesehatan yang melakukan registrasi untuk menjalani vaksinasi sebanyak 1.641 orang atau 117,72 persen. (Ant)

Lihat juga...