Dua Supersub Sukses Bawa Austria Kalahkan Makedonia Utara 3-1

Para pemain Austria, merayakan sukses pertamanya dalam EURO 2020 setelah dalam pertandingan Grup C melawan Makedonia Utara di National Arena di Bucharest, Rumania, 13 Juni 2021, menang 3-1 - Foto Ant
JAKARTA – Keputusan pelatih Austria, Franco Foda, mengganti dua pemain depannya pada babak kedua, membuat Austria mencatat kemenangan meyakinan pertama di Euro 2020 dengan menaklukkan Makedonia Utara 3-1, pada pertandingan Grup C Euro 2020 yang digelar di National Arena Bucharest, Rumania, Minggu (13/6/2021) WIB malam.

Stefan Lainer, mencetak gol keduanya untuk timnas Austria pada menit ke-18, namun sepuluh menit kemudian, disamakan oleh pemain veteran, Goran Pandev. Gol tersebut dicetak, sebelum dua pemain pengganti, Michael Gregoritsch dan Marko Arnautovic, membawa Austria menutup pertandingan kali ini dengan kemenangan berkat gol pada menit ke-78 dan 89.

Mendikte sepanjang pertandingan dengan 61 persen mengendalikan penguasaan bola, Austria sempat kesulitan menembus sepertiga akhir lapangan, akibat ketatnya pertahanan Makedonia Utara. Formasi 5-3-2, yang dipakai Makedonia Utara, membuat duet penyerang Austria, Christoph Baumgartner dan Sasa Kalajdzic, kesulitan beroperasi di jantung pertahanan lawan.

Namun pada menit ke-18, setelah didahului operan satu dua yang berakhir balik pada kaki Marcel Sabitzer, gelandang Austria ini mengirimkan umpan diagonal yang jauh dari kotak penalti Makedonia Utara. Melewati sejumlah pemain Makedonia Utara, namun tepat menuju Lainer, yang berlari dari sektor kanan menyambut bola.

Gelandang Borussia Munchengladbach berusia 18 tahun itu menyambut bola dengan satu sentuhan, lewat tendangan volinya yang tak bisa dihadang kiper Stole Dimitrievski. Setelah gol indah yang diciptakan Lainer, Austria makin bernafsu menyerang karena tidak puas dengan satu gol. Tetapi mental para pemain Makedonia Utara tidak jatuh, dan sebaliknya semakin percaya diri dan bernafsu untuk membalas.
Pandev, menyelamatkan muka Makedonia Utara pada menit ke-28, ketika berhasil memasukkan bola liar akibat tidak kuatnya pegangan kiper, Daniel Bachman, yang maju menghadang bola kiriman, Ezgjan Alioski. Gelandang Leeds United itu mengirimkan bola ke arah gawang lawan, dan bola melewati dua pemain Austria, dengan sasaran akhir Aleksandar Trajkovksi.

Bachmann sudah benar menghadang bola, tetapi tangkapannya tidak kuat, sehingga bola lepas untuk kemudian disambar Pandev yang turut merangsek menyambut bola Alioski. Dia kemudian meneruskan bola ke gawang Austria, yang sudah tak terjaga. Dan menjadi gol monumental Makedonia Utara dan Pandev, karena tercipta pada debut mereka di Piala Eropa. Gol pemain Genoa itu tercipta, setelah 20 tahun dia mengawali debutnya bersama timnas negara pecahan bekas Yugoslavia berpenduduk dua juta jiwa tersebut. Pandev, juga menjadi pemain paling tua kedua, setelah Ivica Vastic dari Austria, yang menciptakan gol di Piala Eropa. Vastic menciptakan gol itu saat Austria melawan Polandia pada Euro 2008.

Austria, terus menekan pada babak kedua. Pada menit 58, Franco Foda membuat keputusan penting yang mengubah drastis pendulum permainan ketika mengeluarkan duet Christoph Baumgartner dan Sasa Kalajdzic untuk digantikan Marko Arnautovic dan Michael Gregoritsch. Kedua pemain langsung memberikan dampak terhadap Austria, dengan tusukan-tusakannya yang tak bisa dilakukan dua pemain yang diganti. Sekalipun begitu, Austria beberapa kali hampir mencetak gol.

Gregoritsch, menjadi yang pertama mengubah peruntungan Austria pada menit ke 78. Dia memasukkan sontekan satu sentuhan, hasil dari menyambut umpan matang David Alaba, yang dalam laga ini dikembalikan ke posisinya sebagai sweeper. tetapi kerap turut menusuk ke pertahanan Makedonia Utara.

Dimitrievski, yang sudah terlanjur maju, tak bisa menghadang Gregoritsch yang dengan meyakinkan menciptakan gol kedua Austria. Satu menit sebelum waktu normal selesai, giliran Arnautovic, yang mencetak gol, setelah menerima bola dari Laimer, yang dengan tumitnya meneruskan bola ke arah rekan satu timnya itu. Arnautovic sedikit bermanuver, untuk melalui hadangan Dimitrievski, dan kemudian memasukkan bola yang praktis membunuh peluang Makedonia Utara untuk bangkit. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor akhir 3-1 tetap bertahan untuk Austria. (Ant)

Lihat juga...