Fasilitas Olahraga Gratis, Alternatif Warga Bandar Lampung Olah Kebugaran

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Suasana udara pagi yang sejuk dengan pepohonan rindang jadi pendukung aktivitas olahraga luar ruangan. Fasilitas olahraga gratis di pusat kota Bandar Lampung tepatnya Taman Gajah jadi alternatif warga olah kebugaran fisik.

Nory, warga Bandar Lampung menyebut area tersebut dilengkapi  jogging track, therapy stone, mini soccer, outdoor fitness, skateboard area dan arena basket.

Saat pagi Nory menyebut warga memanfaatkan kesegaran udara di area outdoor fitness. Belasan alat fitnes untuk melatih kebugaran fisik bisa dimanfaatkan. Sejumlah alat sebutnya memiliki petunjuk penggunaan, fungsi dalam melatih kekuatan tangan, kaki, otot. Alat fitness outdoor bahkan bisa digunakan anak anak hingga orang dewasa. Fasilitas olahraga tersebut sekaligus jadi edukasi pentingnya menjaga kebugaran fisik.

Sejumlah alat kebugaran luar ruangan (outdoor fitness) sebut Nory cukup beragam. Disediakan children’s swing untuk berlatih kekuatan kaki anak anak, trio waist twister untuk melatih otot pinggang. Horse riding trainer untuk melatih otot kaki, kekuatan otot jantung. Surboard and waist massage untuk melatih kekuatan otot punggung, pinggang, kaki. Leg bars untuk memperkua otot kaki dan sejumlah alat lain.

“Pagi hari terutama saat akhir pekan sejak Jumat yang kerap digunakan sebagai waktu olahraga warga memilih berbagai fasilitas olahraga untuk melatih kebugaran tubuh, mengajak serta anak anak dengan adanya petunjuk penggunaan tidak perlu instruktur sudah bisa berolahraga dengan alat fitness outdoor,” terang Nory saat ditemui Cendana News, Jumat (18/6/2021).

Melatih kekuatan kaki, Nory, warga Bandar Lampung memanfaatkan horse rider squat di Taman Gajah, Enggal, Bandar Lampung pengisi olahraga pagi, Jumat (18/6/2021). -Foto Henk Widi

Berbagai alat kebugaran luar ruangan tersebut diakui Nory sangat membantu warga. Sebab berbagai aktifitas latihan fisik untuk kesehatan bisa dilakukan. Selama ini olahraga yang dilakukan olehnya hanya jalan kaki. Namun dengan adanya fasilitas kebugaran luar ruangan ia bisa mengenal berbagai teknik melatih fisik. Berbagai aktivitas olahraga dilakukan menjaga kondisi tubuh agar bugar dan fit.

Aktivitas olahraga sebutnya dilakukan dengan porsi latihan yang teratur. Ia kerap mencoba sejumlah peralatan kebugaran tersebut selama kurang lebih satu jam. Usai melakukan latihan fisik tersebut ia bisa beristirahat di bawah pohon ketapang kencana yang sejuk. Meski melakukan olahraga dalam waktu satu jam ia menyebut cukup menguras energi.

“Penggunaan alat kebugaran luar ruangan bisa digunakan secara bergantian kadang bisa saling belajar,” ulasnya.

Susanti, warga Enggal yang mengajak serta sang anak mengaku menggunakan alat children’s swing. Kegiatan olahraga sederhana sebutnya bisa diperkenalkan kepada anak. Ia bahkan bisa berolahraga sembari mendampingi anaknya bermain. Sejumlah alat kebugaran fisik luar ruangan sebutnya cukup nyaman digunakan. Selain mempergunakan alat, area olahraga lapangan yang luas untuk sekadar jalan kaki pada area stone therapy atau terapi kaki dengan batu timbul.

“Olahraga saat pagi hari cukup mendukung dengan udara yang masih segar sebelum banyak polusi asap kendaraan,”ujarnya.

Selain kegiatan olahraga fisik luar ruangan memakai fitness oudoor, skate park arena juga jadi alternatif untuk olahraga. Haikal, salah satu warga menyebut fasilitas olahraga skateboard kerap digunakan anggota komunitas untuk melatih skill. Ia bersama anggota komunitas kerap melakukan latihan dasar untuk bermain skateboard. Sejumlah tekhnik diajarkan oleh anggota komunitas yang lebih profesional.

Haikal menyebut meski fasilitas skateboard disediakan ia mengaku sebagian area telah rusak. Ia menyebut perlu dilakukan perbaikan pada fasilitas skateboard yang rusak tersebut. Bagi para pecinta skateboard, kegiatan olahraga tersebut diakuinya melatih gerakan motorik, otot serta konsentrasi. Selain itu sejumlah atraksi baru kerap dilatih anggota komunitas skateboard tidak hanya olahraga fisik.

“Kami melakukan kegiatan olahraga fisik sekaligus untuk silaturahmi dan mengasah sejumlah teknik agar bisa dikuasai lebih baik,” ulasnya.

Taman Gajah juga memberi fasilitas lapangan bola basket yang dimanfaatkan oleh Partomi dan rekan rekannya. Ia menyebut lapangan bola basket tersebut bisa digunakan untuk melatih skill dan kebugaran fisik. Olahraga bola basket sebutnya mendapat fasilitas yang memadai. Area yang diberi pagar pembatas membuat ia dan rekannya bisa bermain dengan nyaman.

Lapangan basket di Taman Gajah sebutnya juga kerap digunakan untuk pertandingan. Namun selama pandemi Covid-19 lapangan tersebut hanya digunakan sebagai arena latihan. Ia menyebut melakukan olahraga basket saat pagi dengan suasana masih segar. Kegiatan olahraga basket juga dimanfaatkan olehnya pada sore hari sebagai sarana melatih kekompakan tim.

Lihat juga...