FP3 GP Catalunya, Morbidelli Tercepat dan Rossi Amankan Tiket Q2

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, menjalani sesi latihan bebas pertama Grand Prix Catalunya, Sirkuit Barcelona-Catalunya. (4/6/2021) - Foto Ant

JAKARTA – Franco Morbidelli, menjadi pebalap tercepat di antara para rivalnya, menjelang kualifikasi Grand Prix (GP) Catalunya, setelah mencatatkan waktu terbaik di sesi latihan bebas ketiga (FP3), Sabtu (5/6/2021).

Morbidelli, mencatatkan waktu 1’38,929, untuk mengungguli pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo, dengan margin tipis 0,046 detik, meski sang pebalap tim Petronas Yamaha menggunakan motor M1 versi 2019.

Miguel Oliveira, kembali menikmati sasis baru yang dibawa KTM sejak Mugello dan tampil kompetitif di P3, mengungguli pebalap Ducati Francesco Bagnaia. Dan Brad Binder, menjadi wakil kedua dari KTM, yang lolos setelah finis P6. Sepuluh pebalap dengan catatan waktu terbaik setelah tiga sesi latihan mendapat akses langsung lolos ke babak kualifikasi kedua (Q2). Hal itu berarti ada, Jack Miller dan Marc Marquez harus bertarung terlebih dahulu di Q1, karena terlempar ke P11 dan P15.

Sedangkan Johann Zarco, mengamankan tiket Q2 kendati gagal memperbaiki catatan waktunya. Progres yang cukup baik diraih Valentino Rossi, ketika ia mampu merangsek naik sepuluh peringkat di FP3, untuk menghuni P10 dengan margin 0,497 detik dari rekan satu timnya demi mengamankan tempat ke Q2.

Demikian pula Joan Mir, yang hari ini cukup lega berada di P9 di belakang Maverick Vinales, yang memiliki crew chief baru. Rekan satu tim Mir di Suzuki, Alex Rins, melewatkan balapan di Catalunya, karena mengalami cedera pascakecelakaan ketika latihan bersepeda di trek tersebut, sehingga harus menjalani operasi.

Sirkuit Catalunya tahun ini sedikit didesain ulang di Tikungan 10, di mana tikungan terakhir yang patah jelang lintasan lurus utama itu sekarang menggunakan layout yang lebih mengalir. Quartararo tiba di Catalunya dengan keunggulan 24 poin atas kompatriot Johann Zarco, menyusul kemenangan sang pebalap Yamaha di Italia dan ingin mengulangi kesuksesan tahun lalu di Montmelo.

Bagnaia, melorot ke peringkat tiga klasemen setelah terjatuh di Mugello, dan unggul tipis dari rekan satu timnya, Jack Miller. Rookie Jorge Martin kembali membalap akhir pekan ini setelah absen karena pemulihan cedera pascakecelakaan di Portimao. (Ant)

 

Sepuluh besar catatan FP3 GP Catalunya

Franco Morbidelli 1’38,929
Fabio Quartararo +0,046
Miguel Oliveira +0,122
Francesco Bagnaia +0,144
Aleix Espargaro +0,150
Brad Binder +0,237
Johann Zarco +0,306
Maverick Vinales +0,353
Joan Mir +0,395
Valentino Rossi +0,497

Lihat juga...