Fuad Bawazier: Bukit Soeharto Jadi Pengingat Sosok Pak Harto

Editor: Makmun Hidayat

PONOROGO — Pengawas Yayasan Damandiri, Fuad Bawazier, menilai pembangunan Bukit Soeharto menjadi kawasan objek wisata diharapkan tidak hanya mampu menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar saja. 

Lebih dari itu keberadaan Bukit Soeharto sebagai tujuan utama wisatawan di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur juga diharapkan mampu menjadi pengingat  terhadap sosok Presiden kedua RI HM Soeharto.

“Ada kenangan tahun 1978, Pak Harto pernah berkunjung ke bukit ini. Karena itu tempat ini bisa mengingatkan kita pada Pak Harto. Agar kita bisa mendoakan beliau. Serta meneladani jasa para pemimpin terdahulu,” ungkap mantan menteri keuangan di era Presiden Soeharto itu, saat melakukan kunjungan ke Bukit Soeharto, Badegan, Ponorogo Jawa Timur, Jumat (11/06/2021).

Hadir bersama seluruh jajaran pengurus Yayasan Damandiri, Fuad mengatakan keberadaan Bukit Soeharto harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Para pemuda Karang Taruna diharapkan bisa mengelola dan mendayagunakannya dengan maksimal.

“Pemuda Karang Taruna bisa mendayagunakan lahan di sini. Tentu dengan memanfaatkan inovasi teknologi yang ada. Termasuk juga dengan menjaga kondisi lingkungan sekitar agar tetap lestari,” bebernya.

Yayasan Damandiri, lanjutnya, memiliki tujuan mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lewat Yayasan Damandiri itu pulalah, Bukit Soeharto ini dibangun menjadi kawasan objek wisata.

“Pak Harto melalui Yayasan Damandiri, memberikan bantuan untuk semua pembangunan yang ada di sini. Tujuannya tentu adalah untuk pemberdayaan sekitar. Karena itu apa yang sudah ditinggalkan Pak Harto harus kita rawat dengan baik,” katanya.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri menetapkan Desa Badegan Ponorogo Jawa Timur sebagai desa binaan sejak tahun 2019 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri melakukan berbagai upaya pemberdayaan untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desa.

Dengan dana bantuan mencapai miliaran rupiah, berbagai pemberdayaan dijalanlan baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, hingga ekonomi. Salah satu hasil nyata pemberdayaan yang dijalankan Yayasan Damandiri saat ini adalah keberadaan Bukit Soeharto, sebagai pusat kawasan wisata baru di Desa Badegan ini.

Lihat juga...