Gandeng BNN, Pemkab Pandeglang Tes Urine ASN

Suasana tes urine yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pandeglang bersama BNN Banten, Kamis (24/6/2021) - foto Ant
PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, untuk melakukan tes urine kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu  sebagai bentuk komitmen, dalam pencegahan peredaran narkoba di kalangan abdi pemerintah.

Kegiatan tes urine yang digelar, Kamis (24/6/2021), diikuti seluruh pegawai di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pandeglang. Baik pejabat struktural maupun pelaksana, semua menjalani tes tersebut. Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang, Pery Hasanudin mengatakan, rangkaian tes urine bagi para ASN ini sebagai bukti, komitmen pemerintah melawan narkoba.

Sekaligus upaya berkelanjutan, dalam mewujudkan Pandeglang bersih dari narkoba, khususnya di kalangan ASN. Kemungkinan-kemungkinan terburuk akan terjadi, jika tidak mewaspadai. “Mudah-mudahan tidak ada yang positif. Jika nantinya ditemukan hasil tes narkoba yang positif pemkab bersama BNN akan menindaklanjutinya bersama. Kami tidak akan segan-segan melakukan pemecatan, jika ada ASN yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba,” katanya, di sela-sela pemantauan langsung proses tes urine.

Plt Kordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, Yaya Suriadijaya mengatakan, rangkaian kegiatan tes urine bagi para ASN merupakan tindak lanjut dari Intruksi Presiden No.2/2020, tentang Pencegahan, Pemberantasan dan Penyalahgunaan Narkotika. Sehingga pada dasarnya, tes urine merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan. “Tes urine ini hanya sebagai upaya pencegahan saja di kalangan ASN, jangan sampai ada ASN terindikasi menyalahgunakan dan mengkonsumsi narkoba,” katanya.

Sampling dari para ASN yang ikut dalam tes urine sudah dikumpulkan, dan hasil tes bisa langsung diketahui. Jika ada ASN dinyatakan positif, akan diverifikasi kembali yang berangkutan, khawatir mereka mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. (Ant)

Lihat juga...