Gandeng Warteg, Kementan Berharap Harga Pangan Murah Mudah Dijangkau

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) resmi menggandeng komunitas warteg dalam rangka memudahkan akses pangan berkualitas bagi masyarakat, dan dengan harga yang lebih murah.

Nantinya, BKP melalui Pasar Mitra Tani (PMT) akan memasok langsung bahan pangan yang berkualitas dan murah tersebut ke seluruh warteg di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan, masyarakat luas bisa menikmati makanan enak di warteg dengan harga terjangkau.

“Ini akan jadi model kerja sama yang sangat penting dan strategis guna menghadirkan pangan murah berkualitas. Kita tentu tidak ingin bahan pangannya tersedia, namun di saat bersamaan harganya mahal. Karena dapat mengganggu aksesibilitas masyarakat terhadap pangan,” kata Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Risfaheri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Menurut Risfaheri, upaya ini selaras dengan komitmen PMT agar dapat berperan penting dalam membantu mendistribusikan komoditas pangan agar menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan menopang stabilitas pasokan serta harga pangan.

“Dengan adanya Koperasi Warteg yang menyediakan bahan pangan lebih murah, tentu akan dapat berperan menyeimbangkan harga di pasar, sehingga kenaikan harga di pasar dapat terkendali,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Usaha Nusantara Jaya (Kuntara) yang membawahi para pengusaha warung tegal wilayah Tangerang, Rozikin, menyambut baik kerjasama tersebut.

“Dengan kerja sama ini kami bersyukur di-support pemerintah melalui Kementan, harapan kami dapat dibimbing bagaimana membesarkan usaha ini, kami siap membantu peran pemerintah dalam pemberdayaan UMKM,” ungkap Rozikin.

Menurut Rozikin, pihaknya masih sangat minim dalam hal permodalan, tapi ia mengaku punya tekad yang kuat untuk maju.

“Saya yakin sekali dengan kerja sama ini, pemerintah punya komitmen dalam membantu mengangkat perekonomian masyarakat khususnya Komunitas Warung Nusantara. Semoga ke depan kita bisa dimudahkan untuk mengakses pinjaman modal usaha,” tandasnya.

Lihat juga...