Gedebog Pisang Pakan Alternatif Sapi di Lapak Bekasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Berbagai cara dilakukan para peternak sapi yang menjaga dan merawat hewan qurban di beberapa lapak, menjelang hari raya Idul Adha 1442 H. Seperti membawa pakan dari daerah asal atau memanfaatkan gedebog pisang.

Agus, pedagang daging di Pasar Jatiasih, Kota Bekasi, sudah delapan tahun menjaga lapak sapi yang dikirim dari wilayah Provinsi Bali, untuk mengisi kebutuhan hewan qurban di wilayah bekasi. Ia mengaku tidak memiliki trik khusus dalam merawat sapi yang baru datang tersebut.

“Sebenarnya tidak ada trik khusus dalam pemeliharaan sapi selama di penampungan sebelum menjadi hewan qurban. Pakannya sederhana, hanya memanfaatkan gedebog pisang yang banyak di Bekasi,” ujar Agus kepada Cendana News ditemui di lapak Jalan Baru Cipendawa, Senin (21/6/2021).

Dikatakan, gedebog pisang dapat menjadi sumber alternatif cairan bagi sapi. Ia memberi minum sapi asal Bali itu hanya dua hari sekali, itu pun air biasa tanpa dicampur suplemen apapun.

Cara memberi pakan gedebog pisang yang dicacah lalu dicampur dengan pakan rumput lazim dilakukan di berbagai wilayah. Cara tersebut dipercaya mampu menjaga daya tahan sapi seperti kembung atau antraks.

“Sekarang ada 92 ekor sapi yang datang dari Bali. Hewan Qurban ini, harus dirawat ekstra karena mereka berada ditempat baru setelah melalui perjalan dua hari,” ujar Agus.

Saat ini, diakuinya untuk pakan rumput di Kota Bekasi, sekarang cukup mudah didapat karena diuntungkan musim hujan. Begitu pun gedebog pisang banyak didapat untuk dicacah bersama rumput, dihampar begitu saja pada sapi.

“Alhamdulillah sudah ada pesanan 27 ekor sapi, kami jual mulai dari harga Rp18 juta hingga R28 juta tergantung beratnya. Biasanya menjelang seminggu Idul Adha permintaan akan membludak,” jelas Kosim, perawat sapi di lapak yang sama.

Pantauan Cendana News, saat ini banyak lahan kosong dipenuhi hewan qurban dari berbagai daerah dan jenis. Hewan qurban tersebut didominasi dari wilayah Bima Nusa Tenggara Barat, dan Bali.

Begitupun untuk sapi putih biasa, juga banyak ditemui di beberapa lokasi peternak yang telah lama melakukan perawatan, di berbagai tempat di wilayah Kota Bekasi.

Lihat juga...