Giat ‘Ngopi’ Binmas Sidomulyo Lamsel Jaga Keamanan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Berbagai upaya dilakukan oleh personel kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Inspektur dua (Ipda) Maulana Sukmawijaya, Kepala Unit Binmas Polsek Sidomulyo, Polres Lampung Selatan, mengatakan pihaknya rutin menggelar kegiatan Ngopi, yakni akronim dari ‘ngobrol pintar’.

Ipda Maulana Sukmawijaya juga mengatakan, kegiatan ngopi secara harafiah juga berarti aktivitas minum kopi. Kegiatan itu dilakukan bersama masyarakat dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menjaga dan menciptakan kondusifitas wilayah, melibatkan unsur masyarakat dan berbagai elemen. Pelibatan masyarakat menjadi dukungan pada tugas kepolisian dalam menciptakan situasi kondusif.

“Kegiatan ngobrol pintar dilakukan siang dan malam hari. Saat siang, kegiatan ngobrol pintar dilakukan dengan berpatroli ke sejumlah permukiman warga,” terang Ipda Maulana Sukmawijaya, Minggu (20/6/2021).

Patroli ke sejumlah titik dilakukan oleh Ipda Maulana Sukmawijaya (kanan) untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan di wilayah Sidomulyo dan Way Panji, Lampung Selatan, Minggu (20/6/2021). -Foto: Henk Widi

Ia pun mengajak warga untuk ikut berperan aktif dalam membantu menjaga keamanan lingkungan. Saat malam hari, sambang ke sejumlah pos ronda dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

“Saat kegiatan Ngobrol Pintar, diskusi dengan masyarakat juga dilakukan agar lebih bijak dalam penggunaan media sosial, menyaring informasi yang beredar, agar tidak mudah terprovokasi dengan berita yang belum terverifikasi kebenarannya atau hoaks, sekaligus menanggulangi paham anti Pancasila,” terang Ipda Maulana Sukmawijaya.

Ipda Maulana Sukmawijaya  menjelaskan, terciptanya situasi kamtibmas perlu dukungan dan peran aktif masyarakat. Sebagai langkah konkrit, ia aktif mendatangi sejumlah desa yang ada di Kecamatan Sidomulyo dan Kecamatan Way Panji, dengan 20 desa binaan. Selain melibatkan unsur elemen masyarakat, kegiatan kamtibmas dilakukan juga bersama unsur Babinsa Koramil Sidomulyo.

“Cara komunikasi yang baik dengan masyarakat dilakukan dengan membantu masyarakat. Saat warga melakukan kegiatan pembuatan tempat penampungan sampah sementara, kita sigap membantu,” katanya.

Menurut Ipda Maulana Sukmawijaya, langkah itu bertujuan untuk ikut mendukung upaya warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.  Saat kegiatan sambang, pesan kamtimbas juga selalu disampaikan.

“Saat ini persoalan keamanan dilakukan dengan patroli, menghidupkan kembali kegiatan Poskamling oleh masyarakat,” sebutnya.

Kemitraan dengan anggota masyarakat tidak hanya dilakukan siang hari. Ia menyebut, secara berkala melakukan ngobrol pintar di pos ronda. Salah satu kegiatan dilakukan di pos ronda di Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo. Melalui ngobrol pintar atau ngopi, warga juga bisa minum kopi sembari mendengar penyampaian imbauan kamtibmas.

Ipda Maulana Sukmawijaya  mengatakan, kegiatan ngobrol pintar dengan masyarakat bersifat fleksibel. Sejak satu tahun terakhir dengan adanya wabah virus Covid-19 atau Corona, ngobrol pintar seputar pencegahan pandemi dilakukan. Penerapan kampung tangguh yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) ditingkatkan. Sebab, sejumlah wilayah di Lamsel ditemukan adanya warga terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kegiatan ekonomi masyarakat tetap bisa berjalan dengan normal, namun kesehatan, pencegahan Covid-19 mutlak diperlukan,”ujarnya.

Sesuai arahan Iptu Hengky Darmawan, Kapolsek Sidomulyo, Ipda Maulana Sukmawijaya menyebut sinergi dengan masyarakat penting dilakukan. Ia bahkan merangkul komunitas atau Paguyuban Radio Antar Warga Sidomulyo (Rawas). Paguyuban tersebut menjadi media komunikasi untuk sejumlah informasi Kamtibmas. Sejumlah keluhan warga bisa disampaikan melalui alat komunikasi radio.

Kegiatan ngobrol pintar atau ngopi oleh personel Polsek Sidomulyo, disambut positif  oleh warga sekaligus kepala Dusun Umbul Keong 1, Desa Sidomulyo, Sugeng, yang menyebut kehadiran polisi bisa menjadi kesempatan warga untuk menyampaikan sejumlah persoalan keamanan.

“Sejumlah warga bisa menyampaikan sejumlah keluhan tanpa canggung. Terlebih, kedatangan personel polisi bisa membantu sejumlah kegiatan yang dikerjakan warga. Gotong royong pembuatan bak sampah cepat selesai berkat adanya bantuan dari personel Polsek Sidomulyo,” pungkanya.

Lihat juga...