Gulung Makedonia Utara 3-0, Belanda Sapu Bersih Fase Grup 

Pemain Belanda, Memphis Depay dan Frenkie de Jong, berebut bola dengan pemain Makedonia Utara, Arijan Ademi dan Darko Velkovski, pada pertandingan fase grup Piala Eropa 2020 di Johan Cruiff Arena, Amsterdam, Belanda, Senin (21/6/2021) - foto Ant
JAKARTA – Georginio Wijnaldum, mencetak dua gol pada babak kedua ketika Belanda menaklukkan Makedonia Utara 3-0, guna mempertahankan rekor sempurna mereka dalam perjalanan ke babak knockout Piala Eropa, Senin (21/6/2021) malam.
Belanda, sudah memastikan menjadi juara Grup C, setelah mengalahkan Ukraina dan Austria. Mereka akan bermain di babak 16 besar di Budapest, Hungaria, melawan salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E atau F.

Makedonia Utara, yang sudah terlempar dari perburuan 16 besar, setelah kalah dua kali berturut-turut mengawali pertandingan dengan lebih baik ketika gol Ivan Trickovski dianulir, karena sebelum Aleksandar Trajkovski melepaskan tendangan yang membentur tiang gawang dari jarak 20 yard. Namun tim asuhan Igor Angelovski terpukul oleh serangan balik Belanda, ketika striker PSV Eindhoven, Donyell Malen, merangsek ke depan untuk merancang gol yang dilesakkan Memphis Depay. Gol keduanya di turnamen ini.

Wijnaldum, menggandakan kedudukan setelah melepaskan tendangan dari jarak dekat dan kemudian mengubah lagi kedudukan menjadi 3-0, sebelum laga memasuki tepat satu jam. Hasil ini sudah mustahil dikejar Makedonia Utara. Dalam pertandingan ini, pemain Makedonia Utara, Goran Pandev, mendapatkan penghormatan guard of honour dari rekan-rekan satu timnya, ketika digantikan sepuluh menit kemudian. Laga melawan Belanda ini memang merupakan laga terakhirnya dalam kancah internasional, setelah menyatakan mundur dari timnas akhir pekan lalu.
Sementara itu, Austria melenggang ke fase gugur Piala Eropa untuk pertama kalinya, setelah mengalahkan Ukraina 1-0, dalam pertandingan terakhir Grup C lainnya. Hasil yang membawa Austria finis urutan kedua, di bawah Belanda dan akan bertemu Italia di babak 16 besar.

Christoph Baumgartner, yang sempat limbung setelah beradu kepala dengan Illia Zabarnyi, beberapa menit sebelumnya mencetak gol pada menit ke-21 dari tendangan penjuru, ketika dia menaklukkan bek Ukraina itu, usai menyambut kiriman bola matang dari David Alaba. Gelandang Austria yang terlihat grogi itu kemudian ditarik 10 menit kemudian, dan penggantinya Alessandro Schopf, hampir merancang gol kedua ketika mengumpan bola ke Marko Arnautovic dalam skema serangan balik. Namun tendangan kaki kirinya masih melenceng dari sasaran.

Ukraina, yang sembrono dalam menguasai bola dan jarang mengancam di sepertiga terakhir lapangan, finis dengan tiga poin dan harus menunggu keputusan apakah mereka termasuk salah satu dari empat tim berperingkat ketiga terbaik. (Ant)
Lihat juga...