Harga Ikan Tongkol di Puger Jember Capai Rp25.000 per Kg

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER —  Harga ikan tongkol di Puger, Jember, di tingkat pedagang mencapai Rp25.000 per kilogram dan berpotensi terus merangkak naik jika ketersediaannya masih minim, sementara peminat ikan ini masih tinggi.

Minimnya ketersedian ikan tongkol membuat harga per kilogramnya cukup mahal. Hingga saat ini menurut Kajitun, seorang pedagang ikan, harganya masih terus naik.

“Harga satu kilogramnya ikan tongkol saat ini Rp25.000, tidak menutup kemungkinan ke depan harga per kilogramnya masih bisa bertambah naik apabila ketersediannya masih minim sekali,” ujarnya kepada Cendana News, di wilayah Kelurahan Puger Kulon, Kecamatan Puger, Jember, Selasa (8/6/2021).

Kajitun, mengatakan, dirinya dapat menyediakan ikan tongkol untuk pelanggannya seringkali menunggu informasi dari nelayan yang melakukan penangkapan ikan di tengah laut dengan waktu satu minggu lamanya.

“Saat ini jenis ikan tongkol sulit didapatkan oleh nelayan yang melakukan penangkapan ikan tidak sampai ke tengah laut. Karena jenis ikan tersebut masih dominan berada di tengah-tengah laut,” tuturnya.

Dia menambahkan, ikan tongkol yang saat ini ia dapatkan, setiap ekornya bisa lebih dari satu kilogram beratnya. Sedangkan untuk mendapatkan jenis ikan tersebut, ia mengaku perlu melakukan upaya pemesanan terlebih dahulu.

“Hasil dari ikan ini saya dapatkan dari nelayan yang memang sering kali saat menangkap ikan lokasinya di tengah laut menggunakan kapal besar. Sedangkan waktu yang dihabiskan sekitar satu minggu. Karena ketersediaan ikan tersebut masih berada di tengah laut,” ungkapnya.

Kajitun mengakui saat ini dirinya lebih fokus untuk menjual persediaan ikan miliknya ke luar kota.

“Sering kalinya saya kirim ke Banyuwangi, Probolinggo, Pasuruan. Namun sesekali saat ada pesanan ikan yang dibutuhkan untuk mengirim ke Madura, saya juga kirim ke Madura. Karena pelanggan saya masih banyak didominasi oleh pedagang di luar kota.” jelasnya.

Sementara itu, Arifin, Anggota Tempat Pelelangan Ikan (TPU) Puger mengatakan, sebagian besar para nelayan di Puger menghasilkan ikan tangkapan jenis ikan lemuru. Banyaknya hasil tangkapan jenis ikan lemuru ini membuat harga mengalami penurunan.

“Saat ini harga per kilogramnya ikan lemur turun, semula per kilogramnya Rp8.000, namun pada saat ini harga per kilogramnya Rp5.000. Terkait harga tersebut, penurunan harga ikan lemuru mengalami penurunan bukan hanya terjadi pada pedagang ikan di Jember, namun hampir di semua kota harga ikan lemuru Rp5.000 per kilogramnya,” ungkapnya.

Lihat juga...