Hari Donor Darah, PMI Bekasi Sediakan Donasi 10.000 Kantong

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Hari Donor Darah Sedunia 2021 setiap tanggal 14 Juni, diperingati Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan menggelar 10.000 donasi kantong darah. Kegiatan tersebut dipusatkan di Metropolitan Mal (MM) dengan mengajak seluruh warga menyumbangkan darah.

Tahun ini, tema kampanye difokuskan dengan kampanye transfusi darah yang aman, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, tahun ini, tema Hari Donor Darah Sedunia adalah Give Blood and Keep The World Beating.

“Selain plasma darah yang diberikan oleh warga yang pernah menjadi pasien positif Covid-19, PMI Kota Bekasi, tetap memfokuskan stok darah untuk kebutuhan wilayah. Aksi sosial ini menggebrak kebutuhan stok darah di PMI Kota Bekasi untuk penambahan,” ungkap Ade Puspitasari, Ketua PMI Kota Bekasi, Senin (14/6/2021).

Dikatakan, tujuannya selain untuk menambah stok, melalui hari donor darah sedunia juga sebagai ajang kampanye untuk meningkatkan kesadaran pentingnya darah dan produk darah yang aman. Khususnya untuk transfusi, dan kontribusi penting donor darah sukarela yang tidak dibayar untuk sistem kesehatan nasional.

Menurut Teh Ade, sapaan akrab anggota DPRD Provinsi Jabar ini, pada masa pandemi sekarang,  semua kegiatan menjadi terbatas. Tapi, PMI tetap membantu kegiatan sosial masyarakat, seperti peran warga dalam membasmi Covid 19. Misalnya dengan penyemprotan disinfektan bagi warga yang membutuhkan dan juga untuk pendonor plasma.

“Kegiatan donor darah dengan gebrakan 10.000 kantong darah berfungsi juga untuk penambahan stok darah kebutuhan warga Kota Bekasi, dan kita juga tetap optimis dalam membantu penanganan masa pandemi,” tambah Ade.

Pembukaan aksi donor darah tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Kegiatan tersebut dibantu oleh seluruh ketua PMI tingkat kecamatan di wilayah setempat.

“Saya mengajak warga Kota Bekasi, untuk ikut mendonorkan darahnya bersama PMI Kota Bekasi, Jawa Barat. Diharapkan peran warga Kota Bekasi untuk membantu aksi sosial ini,” ucapnya saat membuka kegiatan tersebut.

Ia juga tetap mengingatkan peraturan protokol kesehatan di Kota Bekasi. Dikatakan bahwa penanganan covid 19 Kota Bekasi telah teratasi dan selalu terdata oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi. Namun kegiatan ekonomi juga harus ditingkatkan.

“Pada kegiatan hari ini,  Metropolitan Mal Kota Bekasi memang membuka gerai PMI di lantai 4, dan khusus pada hari ini PMI mengajak warga Kota Bekasi untuk mendonorkan darahnya. Sehabis itu bisa menikmati dan belanja di area mall dalam hal peningkatan ekonomi saat pandemi ini,” jelasnya.

Kembali ditegaskannya, agar tidak ada kerumunan dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI Kota Bekasi, dan tetap menjaga protokol kesehatan, semua demi kebaikan bersama, dan orang lain.

“Semoga kita semua tetap sehat hingga pandemi ini berakhir,” harapnya.

Lihat juga...