Hari Lingkungan Hidup, Gubernur Jabar Ajak Kepala Daerah dan Masyarakat Jaga Alam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak para kepala daerah kota dan kabupaten serta masyarakat untuk sama-sama menjaga alam. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui menamam pohon dan memilah sampah.

“Pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2021 ini saya mengajak kepada para kepala daerah dan jajarannya serta masyarakat Jawa Barat untuk terus menjaga bumi, rumah kita bersama ini,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (5/6/2021),

Dikatakan jika semua berkomitmen menjaga bumi, maka sebaliknya bumi akan menjaga apa yang ada di atasnya. Emil, mengajak mempraktekkan gaya hidup ramah lingkungan yang kecil sampai yang besar demi kebaikan bumi.

Ia mencontohkan gaya hidup ramah lingkungan antara lain menanam pohon dalam program one man one tree, memilah sampah organik dan anorganik, menyetorkan sampah ke bank sampah dan mengompos sampah organik.

“Tujuannya adalah memulihkan bumi kita dalam mengatasi pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim,” ucapnya.

Sementara itu, kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Emil menuturkan, sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, tantangan terkait pengelolaan lingkungan hidup semakin luar biasa.

Untuk itu diperlukan, kolaborasi pentahelix yang menjadi keunggulan Jawa Barat sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan tersebut.

“Kerja sama yang kuat antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pusat khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, contohnya seperti di Citarum Harum diperlukan dalam upaya terus-menerus menangani permasalahan lingkungan hidup,” tuturnya.

Hal itu guna mempercepat pertumbuhan, pemerataan pembangunan yang berbasis pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meluncurkan “Kelola Sampah Berbasis Digital Menuju Jabar Juara” dalam Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/5/2021). Foto: Muhammad Amin

Pantauan Cendana News di wilayah Kota Bekasi, bertepatan dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia berbagai aksi penggerak lingkungan hidup melakukan aksi nyata ada yang membersihkan bantaran kali Cikarang, penanaman pohon dan lainya.

Hal itu seperti dilakukan di Sekretariat Kopel Desa Danau Indah, Kabupaten Bekasi gabungan komunitas peduli lingkungan melakukan giat aksi lingkungan dengan mengambil tema ‘menjaga mata air, bukan menambah air mata’ dengan membersihkan kali Cikarang dan penanaman pohon di bantaran kali Cikarang.

“Aksi ini adalah gabungan komunitas, peduli lingkungan seperti melibatkan Kawali Bekasi Raya, KPA Ranting, Ngoh Bekasi dan lainnya,”ujar Iqbal dari KPA Ranting.

Aksi peduli lingkungan juga dilakukan di wilayah Kota Bekasi, oleh pegiat lingkungan seperti komunitas warga Bekasi bersama Amphibi, dengan melanjutkan program penanaman pohon mangrove di areal TPST Bantargebang yang yang dipercaya untuk mencegah terjadi longsor.

“Penanaman pohon mangrove di Bantargebang, dilakukan secara bertahap, dan ini kebetulan peringatan hari lingkungan hidup sedunia, banyak yang turun dan membantu,”ungkap Joko Santoso anggota Amphibi Bekasi kepada Cendana News.

Lihat juga...