Hentikan Sinner, Nadal Lolos Delapan Besar Roland Garros

Petenis Spanyol, Rafael Nadal, asal Spanyol saat melawan Alexander Zverev di perempatfinal Italia Open, Jumat (14/5/2021) - foto Ant

JAKARTA – Unggulan ketiga, Rafael Nadal, sukses menundukkan unggulan ke-18 Jannik Sinner, 7-5, 6-3, 6-0, dan mengamankan langkahnya menuju babak perempat final French Open 2021, Senin (7/6/2021).

Petenis berjuluk Raja Tanah Liat tersebut, sebelumnya sudah mengantongi 13 kemenangan di Roland Garros, dari total 20 gelar Grand Slam yang dimiliki. Jika ia mengukir kemenangan di Paris, ia akan menjadi petenis dengan gelar mayor terbanyak dan melampaui Roger Federer, yang memiliki 20 kali juara.

“Saya melawan petenis yang sangat bagus, ia punya masa depan yang hebat, dan saya sangat senang dengan kemenangan ini,” kata Nadal, mengomentari laganya, Selasa (8/6/2021) dinihari WIB.

Dalam pertandingan sepanjang tiga set, aksi Nadal terbilang mulus, meski sempat berulang kali menghadapi upaya Sinner untuk bangkit. Petenis berusia 19 tahun dari Italia itu memberikan pengembalian pukulan yang presisi, yang sulit diatasi Nadal. Ia juga bisa menggunakan momen penting untuk menambah poin.

“Saya mulai bermain bagus di beberapa gim pertama, tapi kemudian saya bermain terlalu defensif dan memberinya kesempatan untuk memainkan pukulannya. Setelah itu pertandingan banyak berubah,” ungkap Nadal.

Nadal juga mengalami kendala teknis di lapangan. Menurutnya, lampu sorot dinyalakan terlalu awal padahal cahaya matahari masih bersinar cukup terang, dalam pertandingan sesi sore itu. “Saya pikir lampu menyala terlalu dini. Lapangan tertutup dari satu sisi. Ketika matahari lebih rendah dan mengenai cahaya, itu menciptakan bayangan di lapangan yang membingungkan. Jujur, saya tidak tahu mengapa mereka menyalakan lampu secepat itu. Kami telah bermain tanpa lampu di sini (Roland Garros) sejak lama,” Nadal mengungkapkan.

Petenis Spanyol ini selanjutnya akan menghadapi Diego Schwartzman, untuk memperebutkan satu tempat di semifinal. Nadal menyingkirkan petenis Argentina itu dalam pertemuan di perempat final Roland Garros tahun lalu. (Ant)

Lihat juga...