Ikan Lemuru Dominasi Hasil Tangkapan Nelayan di Jember

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Jenis ikan lemuru, lebih mendomimasi hasil tangkapan nelayan di Puger, Jember. Diperkirakan, bulan ini hingga bulan kedua belas nanti, jenis ikan lemuru masih mendominasi perolehan nelayan dalam menangkap ikan.

Fadli, salah satu nelayan mengatakan, pertengahan tahun hasil tangkapan ikan lemuru lebih dominan dibandingkan jenis ikan lainnya.

“Bahkan saat ini, hampir semua nelayan dalam mencari ikan, memperoleh hasil tangkapan ikan yang banyak. Sebelumnya, minim sekali para nelayan berhasil mendapatkan ikan,” ujar Fadli kepada Cendana News di wilayah Kelurahan Puger Kulon, Kecamatan Puger, Jember.

Fadli menambahkan, waktu para nelayan saat mencari ikan saat ini juga cukup singkat, beberapa jam sudah bisa kembali pulang.

“Biasanya, kita baru berangkat jam 15.00 WIB. Sekitar menjelang Subuh nelayan kembali pulang. Sedangkan untuk saat ini, keberangkatan dimulai sejak jam 15.00 WIB, sekitar jam 00.00 WIB dini hari nelayan sudah banyak kembali pulang,” ujarnya.

Menurut Fadli, keberangkatan para nelayan memang tidak serta merta akan selalu mendapatkan ikan hasil tangkapan. Fadli menyebutkan, pengaruh alam sangat signifikan.

“Pada saat bulan Syawal kita bisa melihat bagaimana keadaan bulan. Naiknya bulan di malam hari membuat permukaan air laut menjadi terang, sehingga ikan minim sekali yang bisa didapatkan. Semakin bulan tidak terlihat, potensi keberadaan ikan semakin banyak,” ungkapnya.

Menurut Fadli, salah satu pendukung utama nelayan bisa mendapatkan ikan yang banyak karena keberadaan cahaya bulan yang minim. Sehingga banyak ikan yang naik ke permukaan air laut.

“Sebenarnya, ada atau tidak adanya bulan yang dapat menerangi permukaan air laut, kami tetap pergi melaut mencari ikan. Hanya saja, perbedaannya pada hasil yang didapatkan,” katanya.

Arifin, salah satu anggota Tempat Pelelangan Ikan (TPI) mengatakan, beberapa ikan yang dihasilkan nelayan memang didominasi jenis ikan lemuru. Meskipun ada juga terdapat jenis ikan lain yang berhasil ditangkap nelayan.

Arifin, saat ditemui Cendana News di wilayah Kelurahan Puger Kulon, Kecamatan Puger, Jember, Senin (7/6/2021).- Foto Iwan Feri Yanto

“Dari jam dua belas malam, nelayan sudah banyak yang kembali pulang mencari ikan. Paling banyak ikan lemuru dan juga ada beberapa ikan tongkol serta ikan bendol,” pungkasnya.

Lihat juga...