Imbang 2-2 Dengan Hongaria, Jerman Lolos ke 16 Besar

Gelandang tim nasional Jerman, Leon Goretzka (18), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya di hadapan suporter seusai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam laga pemungkas Grup F Euro 2020 di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Rabu (23/6/2021) waktu setempat - foto Ant
JAKARTA – Jerman, lolos ke babak 16 besar Euro 2020, seusai meredam perlawanan Hongaria dan bermain imbang dengan skor 2-2, dalam laga pemungkas Grup F, yang digelar di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Rabu (23/6/2021) waktu setempat atau Kamis (24/6/2021) dinihari WIB.
Hongaria, sempat memberi kejutan melalui Adam Szalai. Dan setelah, Kai Havertz, menyamakan kedudukan, mereka kembali memimpin lewat Roland Sallai. Leon Goretzka, menjadi pahlawan kelolosan Jerman lewat golnya, enam menit menjelang bubaran waktu normal, yang membuat kedudukan menjadi imbang 2-2.

Dengan hasil tersebut, Jerman finis sebagai runner-up Grup F, mendampingi Prancis yang sejak sebelum memainkan putaran pemungkas, sudah lolos ke babak 16 besar. Sedangkan Hongaria, yang nyaris menciptakan kisah upik abu, dramatis berakhir tetap di dasar klasemen Grup F, dengan raihan dua poin. Posisinya, persis dua poin di bawah Portugal.

Jerman, yang cuma butuh hasil imbang untuk lolos dan di atas kertas punya segalanya untuk melakukan itu, dikejutkan ketika gawang mereka dibobol oleh Szalai, saat laga baru berjalan 11 menit. Banyak menguasai bola, Jerman kecolongan di areanya sendiri. Dan Roland Sallai mengirimkan umpan silang akurat dari jarak jauh, yang disambut sundulan apik Szalai, demi memperdaya kiper Manuel Neuer dan membawa Hongaria memimpin.

Jerman, berusaha memberi respon instan, tetapi sayang, Leroy Sane, terjebak offside saat Ilkay Gundogan mengirim umpan terobosan. Pada menit ke-21, Jerman nyaris membuat kedudukan imbang melalui situasi sepak pojok, yang dikirimkan dengan baik oleh Joshua Kimmich. Sayang sundulan Mats Hummels masih membentur mistar gawang.

Bola masih hidup dan dikirimkan kembali ke dalam kotak penalti, dab Matthias Ginter menyambutnya dengan tembakan voli. Tetapi arahnya masih terlalu lurus ke pelukan kiper Peter Gulacsi. Keunggulan 1-0, mampu dipertahankan Hongaria hingga turun minum. Dan pada menit ke-62, Sallai, nyaris menggandakannya lewat eksekusi tendangan bebas, yang mampu melewati pagar hidup Jerman. Sayang bola masih membentur tiang gawang.

Empat menit berselang, publik tuan rumah bersorak riang, Havertz mampu menjebol gawang Hongaria, untuk membuat kedudukan imbang 1-1. Berawal dari sepak pojok Kimmich yang gagal ditinju Gulacsi, sundulan Hummels membentur beberapa pemain di dalam kotak penalti Hongaria, tetapi bola jatuh di hadapan Havertz, yang tinggal menanduknya ke dalam gawang.

Sayangnya, sorak sorai pendukung Jerman kembali dibungkam. Hongaria mampu segera mencetak gol balasan lagi untuk merestorasi keunggulan. Szalai, mengirimkan bola lambung yang mampu dikejar Schafer, untuk menanduknya di hadapan Neuer, yang sudah tak berkutik. Hongaria dua, Jerman satu pada menit ke-68.

Kendati dalam kondisi terjepit, Jerman terus berusaha tampil tenang dan hasilnya pada menit ke-84 Goretzka mampu menjebol Hongaria, untuk membuat kedudukan imbang lagi 2-2. Berawal dari tembakan Timo Werner, yang dihadang barisan pertahanan Hongaria, bola muntah disambar oleh Goretzka, untuk menaklukkan Gulacsi.

Sejak gol itu, Jerman semakin percaya diri mengendalikan bola untuk menjaga skor 2-2, sampai peluit terdengar. Jerman yang lolos sebagai runner-up Grup F, harus melawat ke Wembley, menghadapi Inggris dalam babak 16 besar pada Selasa (29/6/2021). (Ant)

Lihat juga...