Ini Pengalaman Atlet Basket Jember Meraih Prestasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Atlet basket asal Jember yang banyak memperoleh penghargaan, baik tingkat daerah, nasional dan internasional berbagi pengalaman bersama atlet National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Jember.

Arif Hidayat, salah satu atlet basket mengatakan, pertemuan dirinya bersama dengan Komunitas NPCI merupakan ajang saling berbagi pengalaman menjadi atlet yang berbakat.

“Setiap orang memiliki kemampuan dan bakatnya masing-masing. Apa pun keadaannya, asal dia mau untuk berusaha keras, tidak ada yang tidak mungkin untuk menjadi seorang atlet yang berprestasi,” ujar Arif Hidayat kepada Cendana News, di Kelurahan Kaliwates, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jumat (25/6/2021).

Menjadi seorang atlet memerlukan upaya dan usaha yang besar serta tetap semangat. Arif mengatakan, dirinya juga tidak akan mungkin menjadi seorang pebasket ternama, apabila tidak berusaha keras.

“Sebelum menjadi seorang atlet ternama, semua berawal dari proses pada diri kita sendiri. Sejauh mana kemauan kita untuk terus berproses dalam berlatih. Apabila usaha yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh, pasti akan ada hasil yang baik untuk diri kita,” ucapnya.

Selain menjadi atlet yang berprestasi, Arif juga merupakan seorang akademisi lulusan Magister Kenotariatan di Universitas Surabaya. Prestasi di bidang olahraga mulai terlihat saat dirinya masih SMA hingga di bangku kuliah.

Selama menjadi mahasiswa, Arif mengatakan, bersama tim kala itu, menjadi juara dalam liga ABL (Asean Basketball League), mampu mengalahkan tim basket lain yang berasal dari Singapura dalam final series best of five.

“Prestasi yang pernah kami dapatkan merupakan hasil usaha keras. Berlatih dan berlatih adalah kunci sukses menjadi seorang atlet yang berprestasi,” tandasnya.

Menurutnya, meningkatkan prestasi di bidang olahraga, tentu harus dilakukan secara bersama-sama dan saling berbagi ilmu yang ada.

“Karena keberhasilan di dalam bidang olahraga memang dilakukan secara bersama, kompak dan saling mendukung antara satu dengan yang lainnya,” ungkapnya.

Arif juga mengaku bangga dengan adanya satu komunitas olahraga yang dapat menampung bakat dan skill dari penyandang disabilitas di Jember. Ke depan sangat perlu untuk terus di-support  agar menjadi atlet yang berprestasi.

“Ke depan pemerintah daerah diharapkan lebih intens memberikan peluang bagi komunitas olahraga, salah satunya NPCI ini. Peluang itu memberikan kesempatan pada mereka menunjukkan bakat dan prestasi di bidang olahraga,” jelasnya.

Kusbandono, salah satu Ketua NPCI mengatakan,  pertemuan dengan salah satu atlet ternama basket memang menjadi kesenangan tersendiri. Banyak pengalaman dan ilmu yang bisa dirinya dapatkan.

“Senang sekali kali ini bisa bertemu, bertatap muka dengan seorang atlet basket yang sudah terkenal, dengan torehan prestasi yang didapat. Kami bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman, bagaimana menjadi seorang atlet dan tantangan yang harus dilalui untuk menjadi atlet yang profesional,” ucapnya.

Lihat juga...