Jaringan Wirausaha Depok Diharap Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

DEPOK — Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyambut baik terbentuknya Jaringan Wirausaha (Jawara) yang diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian warga.

“Komunitas yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus kita dukung semoga bisa bersinergi dalam mengatasi masalah perekonomian warga Depok, kata Imam Budi Hartono di Depok, Rabu (9/6/2021).

Imam mengatakan agar Jawara dapat memberikan pendampingan kepada UMKM yang masih sangat kecil agar dapat terus bertumbuh.

“Semoga saja Jawara bisa mengambil peran untuk mendampingi mereka supaya insting bisnis mereka bisa terus terasah,” katanya.

Sementara itu Ketua Jaringan Wirausaha (Jawara) Kota Depok Ubaidillah mengatakan terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk semakin berkembang.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini banyak orang yang akhirnya lari ke usaha kecil akibat dari banyak terkena PHK sehingga banyak buka usaha kecil-kecilan,” katanya.

Ubaidillah mengatakan sejak akhir tahun 2020 Jawara aktif melakukan kegiatan-kegiatan berupa pelatihan-pelatihan untuk mendorong berkembangnya usaha. Dalam empat bulan kami melakukan kegiatan 100-130 event untuk mendukung pelaku usaha kecil agar dapat tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19.

“Ada kegiatan yang namanya usaha dimodalin Jawara, usaha di-branding Jawara, riset produk kemasan, di endorse Jawara bersama artis Ari Untung dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu juga kami banyak melakukan webinar-webinar dengan berbagai tema yang mendukung berkembangnya usaha-usaha kecil dengan mengundang tokoh-tokoh nasional seperti pakar branding Subiakto, owner Malang Strudel dan lainnya.

“Banyak pengusaha sukses skala besar nasional yang kami hadirkan untuk berbagi pengalaman pada acara webinar,” katanya.

Dikatakannya saat ini anggota Jawara terus bertambah dan sekarang ini telah mencapai anggota sebanyak 5.000 orang yang tersebar di 63 kelurahan dan 11 kecamatan di Kota Depok Jawa Barat.

Ubaidilah mengatakan dengan anggota semakin bertambah maka tentunya banyak dirasakan manfaatnya oleh anggota. Artinya pelatihan itu memberi dampak positif bagi mereka. (Ant)

Lihat juga...