Kampung Sawah Bekasi, Kampung Pancasila

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, menyebut, Kampung Sawah Kota Bekasi sebagai pilot project Kampung Pancasila di wilayah teritorial Makodam Jaya Jakarta. Saat ini setiap Koramil wilayah Kodam Jaya Jayakarta memiliki satu kampung yang dinamakan Kampung Pancasila.

“Jadi dari 83 Koramil di Wilayah Kodam Jaya/Jayakarta, memiliki satu kampung yang dinamakan Kampung Pancasila. Pilot project-nya sekarang ada di Kampung Sawah, Kota Bekasi ini,” ungkap Mayjend Dudung AR, usai kunjungan kerja melihat Benteng Kampung Pancasila di Kampung Sawah, Rabu (2/6/2021).

Dikatakan, terkait program Kampung Pancasila, telah melapor kepada kepala BPIP dan dewan pengarah BPIP bahwa Kodam Jaya Jakarta, mencanangkan Kampung Pancasila bertujuan agar generasi muda sedini mungkin sudah diajarkan bagaimana bertoleransi beragama.

Sedini mungkin juga lanjutnya, sila pertama dalam butir Pancasila sampai sila kelima, bukan hanya sekadar dihapal. Tetapi juga dipahami dan dilaksanakan.

“Kampung Sawah Kota Bekasi ini, sudah menerapkan antar-umat beragama bisa rukun dan berdampingan. Di sini, ada masjid, gereja protestan dan katolik, dan ada pura, tetapi mereka begitu harmonis akrab berdampingan,” ungkapnya.

Menurutnya, program Kampung Pancasila yang digagas tersebut dilakukan secara online dan offline. Untuk online dilakukan dengan menggunakan media massa, seperti media sosial dengan footcast Instagram dan youtube yang memuat cerita pendek, cerita anak, tentang bhinneka tunggal eka, Ketuhanan yang Maha Esa dan Keadilan Sosial.

Sementara untuk di offline dilakukan dengan mural binaan di tembok bertuliskan bagaimana Pancasila. Kampung Sawah imbuhnya, tidak serta merta jadi Kampung Pancasila.

“Mungkin ditanya masing-masing masyarakat terkait butir Pancasila kemungkinan banyak tidak hapal. Tapi, justru apa yang telah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari di kampung sawah, sudah mengimplementasikan bagaimana Pancasila,” paparnya.

Ditegaskan, bahwa Pancasila digali dari budaya hidup bangsa, sehingga tidak salah jika Kampung Sawah sendiri dijadikan pilot project. Program ini akan terus berlanjut di wilayah teritorial Kodam Jaya Jakarta dan siap dikembangkan lagi 83 titik sebagai Kampung Pancasila.

Mengunjungi Benteng Kampung Pancasila, Mayjend Dudung AR, melihat sejumlah titik tempat peribadatan di wilayah setempat. Dalam kunjungan itu juga dia memberikan sembako dan masker bagi warga setempat.

Dalam kunjungannya di Kampung Sawah Mayjend Dudung didampingi langsung oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto bersama tokoh agama dan masyarakat setempat dan disambut dengan kebudayaan Betawi palang pintu.

Lihat juga...