KBRI dan Buyer Rumania Batal Lawatan Investasi di Kota Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Rumania dan Buyer Rumania  membatalkan rencana kunjungan ke wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Padahal sebelumnya keberadaannya di Indonesia, untuk melakukan lawatan investasi di tiga wilayah meliputi Sumatera Selatan, Batam dan Kota Bekasi, Jawa Barat sendiri.

Pembatalan kunjungan KBRI untuk Rumania bersama buyer tersebut dibenarkan Tim Wali Kota Untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan (TWUP4), Benny Tunggul. Dikatakan bahwa kunjungan tersebut sebenarnya terkait pengembangan UMKM seperti ekspor impor produk UMKM Kota Bekasi.

Namun imbuhnya kemungkinan terjadi miss-komunikasi antara Pemkot Bekasi dan pihak KBRI dan Buyer Rumania yang berencana menjajaki investasi di wilayah Kota Patriot.

“Kunjungan kenegaraan KBRI untuk Rumania bersama buyer dari Rumania ke Kota Bekasi batal karena respon Pemkot Bekasi yang meminta dilakukan secara online melalui surat jawabannya. Pihak Pemkot  beralasan libur dan suasana covid-19, sehingga meminta dilakukan online. Sementara para  buyer dari Rumania sendiri telah berada di Indonesia,”ungkap Beny Tunggul, menyayangkan pembatalan tersebut dikonfirmasi Cendana News, Selasa (1/6/2021).

Dikatakan, pada dasarnya pihak KBRI ataupun buyer dari Negara Rumania, telah memahami kondisi pandemi Covid-19 dan mereka telah siap mengikuti protokol kesehatan. Karena kunjungan tersebut sebelumnya telah direncanakan hanya di tiga daerah meliputi Sumatera Selatan, Kota Bekasi dan Batam. Saat ini KBRI dan Buyer Rumania berada di Batam setelah batal ke Kota Bekasi.

“Sangat disayangkan, karena pihak Pemkot Bekasi tidak memahami keinginan wali Kota Bekasi yang memiliki pemikiran think out the box. KBRI dan Buyer Rumania mungkin kecewa, dengan jawaban Pemkot Bekasi, karena libur dan meminta dilakukan secara online sementara mereka telah berada di Indonesia,” tegasnya lagi.

Menurutnya kunjungan investasi tersebut didasarkan Surat Duta Besar LB-BP RI Kedutaan Besar No.B.311/BC/BK/05/2021/01 tertanggal 18 Mei 2021- M. Amhar Azeth Duta Besar RI untuk Republik Rumania dengan agenda Investasi dan Diskusi Bisnis  Produk UMKM Di Kota Bekasi.

Kunjungan itu imbuhnya jika jadi fokusnya hanya terkait pengembangan UMKM di Kota Bekasi, terutama terkait ekspor impor produk UMKM. Sedangkan rencana investasi seperti pengelolaan air, dan kerja sama antara negara terkuat Seattle City. Tapi tegas Beny, adalah fokus utama terkait UMKM.

Beny mengaku, dirinya dan Kadin Kota Bekasi, telah berkoordinasi dengan wali kota. Dan ia memerintahkan untuk menyambut, karena kehadiran buyer dari Rumania itu tujuannya untuk berinvestasi ke Indonesia terkait neraca ekspor impor dan itu legal meskipun terkesan  masih ada keraguan dari pihak Pemkot Bekasi.

“Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, sudah meminta itu dilakukan tapi sepertinya ada miss-komunikasi. Sehingga buyer dari Rumania, batal berkunjung ke Kota Bekasi,” tandasnya seraya mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kepercayaan internasional terhadap Kota Bekasi.

Sebelumnya Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Bekasi, Jawa Barat, telah bersiap menerima audiensi dengan para KBRI untuk Rumania bersama buyer asal Rumania tersebut. Hal itu disampaikan langsung oleh Gunawan selaku Ketua Kadin Kota Bekasi.

“KADIN memiliki peran penting dalam membuat terobosan dalam membantu pelaku usaha untuk menggenjot bisnisnya, di antaranya membangun networking baik lokal maupun global. KADIN Bekasi sudah siap bertemu dengan pelaku usaha dari Rumania dan juga KBRI Rumania tapi gagal, tentunya ini harus dikoreksi,”jelasnya.

Ia membenarkan bahwa kehadiran buyer dari Rumania itu sendiri memiliki agenda investasi dan diskusi bisnis  produk UMKM di Kota Bekasi. “Korespondensi telah dilakukan via email dan telah direspons positif pihak KBRI, dalam jadwal kunjungannya ke Indonesia Kota Bekasi menjadi salah satu daerah yang dikunjungi selain Sumsel dan Batam,” tegas Gunawan

Ditambahkan Aji Ali Sabana, wakil ketua bidang UMKM dan Koperasi, KADIN Kota Bekasi sangat siap menyambut kedatangan para investor buyer Rumania, dan telah melakukan kurasi produk UMKM yang siap go ekspor. Untuk menyambut kedatangan para buyer dan KBRI Rumania secara protokoler kenegaraan maka KADIN Kota Bekasi telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bekasi melalui wali kota, kepala Dinas UMKM dan Koperasi , Kepala Bagian Ekonomi Eka Hidayat, didampingi  Benny Tunggul dari tim percepatan TWUP4.

“Tapi batal, karena miss-komunikasi, pihak buyer dari Rumania sepertinya kecewa, karena pemkot bersurat meminta dilakukan online dengan alasan libur,” jelas Aji.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan kunjungan para investor asing begitu penting dalam menggenjot investasi di Indonesia dan tentunya Kota Bekasi, namun karena kondisi pandemi kegiatan tersebut akhirnya batal.

Lihat juga...