Keterisian Ruang Isolasi COVID-19 Rumah Sakit di Bandung Mencapai 86 persen

Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri sebelum memasuki ruang isolasi hijau Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat, Hegarmanah, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021) - Foto Dok Ant
 BANDUNG – Tingkat keterisian ruang isolasi COVID-19 rumah sakit di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) meningkat lagi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, sebelumnya tingkat keterisiannya sudah mencapai 81 persen, dan saat ini meningkat menjadi 86 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, di Jumat (11/6/2021) sebanyak 1.452 dari total 1.685 tempat tidur di ruang isolasi yang tersedia di Kota Bandung, kondisinya sudah terisi. “Sekarang masih tersedia 233 tempat tidur, jumlah keterisian bertambah 94 dari hari sebelumnya,” kata Ahyani, Sabtu (12/6/2021).

Namun demikian diklaimnya, 40 persen pasien COVID-19 di Bandung yang menggunakan ruang isolasi tersebut berasal dari luar Kota Bandung.  Di Kota Bandung, saat ini ada 29 fasilitas kesehatan yang menyediakan ruang isolasi pasien COVID-19. Dan sebagian di antaranya menjadi tujuan rujukan pasien dari luar Kota Bandung.

Ahyani menyebut, saat ini sejumlah fasilitas kesehatan sudah menambah jumlah tempat tidur isolasi, untuk menghadapi kemungkinan terjadi peningkatan kasus COVID-19. Di awal Januari lalu, jumlah tempat tidur isilasi di Kota Bandung ada 1.300 unit. Dan saat ini sudah bertambah menjadi 1.600 unit.

Dengan kondisi tersebut, Ahyani mengimbau, warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, agar risiko penularan COVID-19 bisa ditekan. “Karena itu benteng pertama, jadi masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan,” katanya. (Ant)

Lihat juga...