Ki Joko Wasis Serahkan Lukisan Pak Harto untuk Wali Kota Yogyakarta

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Memperingati 1 abad kelahiran Presiden Kedua RI HM Soeharto, sejumlah pelaku seni dan seniman di Kota Yogyakarta kembali menggelar aksi moral melukis sosok Presiden Soeharto, Selasa (8/6/2021) siang.  

Setelah melakukan aksi pada Minggu (30/5/2021) lalu dengan berjalan kaki menuju Museum Memorial HM Soeharto di Dusun Kemusuk, Argomulyo Sedayu, Bantul, kali ini para seniman melakukan aksi serupa menuju Kantor Balaikota Yogyakarta.

Berangkat dari kawasan kampung Kadipeten Kidul kecamatan Kraton, sejumlah seniman di antaranya pelukis jalanan Ki Joko Wasis, berjalan kaki untuk menyerahkan karya lukisan sosok Pak Harto kepada Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti serta Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Purwadi.

Sesampai di kompleks Balaikota Yogyakarta, Ki Joko Wasis bersama rombongan langsung diterima oleh Sekretaris Pribadi Wali Kota Yogyakarta, Dwianto Supaham, serta Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Purwadi. Adapun lukisan yang diserahkan kepada wali kota merupakan lukisan sosok Pak Harto di usia tuanya.

Sementara lukisan yang diserahkan kepada wakil wali kota adalah lukisan peringatan 100 tahun Pak Harto bertema “Meraih Keteladanan, Mensyukuri Pembangunan”, dengan gambar seekor burung Garuda berwarna merah-putih yang sedang terbang ke angkasa nan biru.

“Penyerahan lukisan Pak Harto kepada wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta ini tidak ada maksud apa-apa. Saya hanya ingin bersedekah. Karena sejak kecil saya memiliki kedekatan dengan sosok Pak Harto. Sehingga pada momentum peringatan 100 tahun kelahiran Pak Harto ini saya ingin mengajak semua orang untuk bersedekah dengan mendoakan Pak Harto,” ujar ki Joko Wasis.

Sekretaris Pribadi Walikota Yogyakarta, Dwianto Supaham, sendiri mengaku berterima kasih dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Ki Joko Wasis bersama rombongan seniman lainnya. Ia mengaku akan menyampaikan lukisan tersebut kepada Wali Kota Yogyakarta, Hariyadi Suyuti yang sedang tidak berada di lokasi.

“Bagaimana pun Pak Harto merupakan Bapak Pembangunan Indonesia. Dulu semasa masih menjabat sebagai Presiden, Pak Harto sebagai Bapak Bangsa selalu memberikan contoh bagi generasi muda. Sehingga kita juga harus bisa meneladani sikap-sikap beliau untuk kepentingan bersama,” katanya.

Lihat juga...