Klaster Baru, Satu Keluarga di Jember Positif Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Satu keluarga di wilayah Tanggul, Jember, Jawa Timur, positif Covid-19. Terdeteksi terpapar setelah melakukan swab test. 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jember, Wiwik Supartiwi mengatakan, satu keluarga yang berjumlah 6 orang, 5 di antaranya positif Covid-19.

“Salah satu dari keluarga bersangkutan merupakan anggota TNI, akan kembali bertugas, namun sebelum berangkat melakukan tes swab terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan tes swab dan hasilnya positif,” ujarnya kepada wartawan, yang dikonfirmasi melalui media teleponnya di Jember, Senin (7/6/2021).

Wiwik menambahkan, satu keluarga yang positif Covid-19 telah menjalani karantina secara mandiri. “Dari total 6 orang sebagai klaster baru persebaran Covid-19, satu keluarga berjumlah 5 orang dan satu orang merupakan warga Sumberbaru,” ucapnya.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, dari salah satu anggota TNI yang melakukan tes swab antigen sebagai syarat kembali bertugas di Jakarta, jelas Wiwik, sebelum kembali ke Jember telah melakukan tes swab dan hasilnya negatif.

Dengan munculnya klaster baru persebaran Covid-19 di Jember, Wiwik menyebutkan, pihaknya akan melakukan upaya tracing di lingkungan pasien yang positif Covid-19.

“Salah satunya di sekolah dimana tempat pasien mengajar. Dan juga kami telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat di daerah Tanggul untuk melakukan upaya tracing dalam rangka mencegah persebaran Covid-19,” ungkapnya.

Secara terpisah, Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Habib Salim, melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan, membenarkan tentang adanya peningkatan kasus baru penyebaran Covid-19 di Jember.

“Terjadi peningkatan kasus baru Covid-19 dalam 2 hari ini di Jember. Tanggal 5 Juni dilaporkan sebanyak sebanyak 6 kasus baru, yaitu 5 kasus di Kecamatan Tanggul (keluarga) dan 1 kasus di Kecamatan Sumbersari,” ucapnya.

Lihat juga...