Koperasi DCML Argomulyo-DPPKP Aktif Majukan Kelompok Ternak

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, aktif menjalin kerja sama dengan pihak Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul untuk terus mengembangkan unit usaha demplot ternak sapi Kelompok Ngudi Rejeki di Dusun Kaliberot, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Argomulyo, Sedayu, Bantul. 

Salah satunya adalah dengan rutin melaksanakan kegiatan Posyandu Ternak setiap 4 bulan sekali. Seperti dilakukan pada akhir Mei 2021 yang lalu. Sejumlah petugas dari Puskesmas Hewan (Puskeswan) wilayah Pajangan-Sedayu mendatangi kandang Kelompok Ternak Ngudi Rejeki Dusun Kaliberot untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Baik itu kesehatan reproduksi maupun kesehatan hewan secara menyeluruh.

Salah seorang petugas Puskeswan wilayah kecamatan Pajangan Sedayu Bantul, drh Nurhayati, Senin (31/5/2021). -Foto Jatmika H. Kusmargana

Salah seorang petugas Puskeswan, drh Nurhayati, mengatakan pihaknya rutin melakukan kegiatan Posyandu hewan setiap 4 bulan sekali. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian program pelayanan aktif Puskeswan dalam mendampingi serta melakukan pembinaan terhadap para peternak maupun pemeriksaan kesehatan hewan ternak produktif di wilayah Kabupaten Bantul.

“Posyandu ini rutin dilakukan untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak. Antara lain berupa pemeriksaan reproduksi dan pengobatan rutin. Seperti misalnya pengobatan penyakit cacing, koreng, hingga pemberian vitamin pada ternak. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan kondisi hewan ternak terbebas dari penyakit dan bisa produktif,” ujarnya kepada Cendana News belum lama ini.

Untuk ternak yang mengalami gangguan reproduksi, petugas dari Puskeswan biasanya akan melakukan upaya pengobatan. Baik itu dengan cara menyuntikkan hormon, pemberian vitamin ADE, hingga perbaikan kualitas pakan. Petugas biasanya juga akan mengedukasi para peternak agar mereka mau merawat ternak masing-masing sesuai standar budidaya yang ada.

“Agar sapi bisa sehat dan produktif, perbaikan pakan wajib dilakukan. Jangan hanya memberikan pakan berupa jerami kering saja, tapi juga hijauhan. Minimal 10 persen. Selain itu pembersihan kandang juga wajib rutin dilakukan. Kotoran yang menggunung harus dibersihkan. Sehingga ternak sehat dan tidak mudah terserang penyakit,” ungkapnya.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, sendiri mengapresiasi kerja sama antara pihak Koperasi dengan DPPKP Bantul, dalam hal ini Puskeswan wilayah Pajangan-Sedayu.

Gatot menyebut, selama ini pihak DPPKP Bantul maupun Puskeswan Pajangan-Sedayu selalu memfasilitasi, men-support dan membina Kelompok Ternak Ngudi Rejeki Dusun Kaliberot, yang merupakan unit usaha koperasi bentukan Yayasan Damandiri. Termasuk soal kesehatan dengan cara melakukan pengecekan kesehatan rutin.

Ia pun berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut, sehingga Kelompok Ternak Ngudi Rejeki Dusun Kaliberot DCML Argomulyo bisa semakin maju dan berkembang. Selain itu, mampu memberikan manfaat bagi warga sekitar, khususnya memperbaiki kondisi ekonomi seluruh anggota, sebagaimana visi Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari.

Lihat juga...