Lahan Tidur di Desa Sumberjaya Didorong Jadi Lokasi Eduwisata

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Bekasi (FKMPB) mendorong agar lahan tidur milik daerah di wilayah Desa Sumberjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, bisa dikelola menjadi wahana edukasi wisata untuk memajukan wilayah setempat.

“Ada lahan kosong yang berpencar cukup banyak di Griya Asri 1, Desa Sumberjaya, Tambun Selatan. Lahan itu milik Pemerintah Kabupaten, harusnya bisa dimanfaatkan untuk dikembangkan jadi lokasi wisata edukasi, ketimbang dibiarkan begitu saja,” kata Eko Setiawan, Ketua FKMPB kepada Cendana News, Minggu (27/6/2021).

Eko Setiawan, Ketua FKMPB, dijumpai Cendana News, Minggu (27/6/2021). Foto: Muhammad Amin

Dikatakan, lahan tersebut luasnya diperkirakan mencapai 6 hektaran, meski terpencar di beberapa titik, tapi ada 2 hektare yang ngumpul dan belum difungsikan.

Lokasinya cukup strategis karena berada dekat aliran kali alam dan di tepi jalan raya. Sehingga bisa jadi wisata alam, lahan peternakan, perkebunan, dan pusat UMKM, serta lokasi sarana olah raga bagi warga.

Menurutnya, jika bisa dikelola jadi lahan wisata dan lainnya, maka bisa jadi percontohan ke depan. Bahkan tidak hanya itu saja di lokasi lahan tidur tersebut bisa dijadikan sebagai upaya mengurangi banjir jika benar-benar dimanfaatkan.

“Griya Asri 1 rawan banjir saat musim hujan, ini kan solusi karena lahan kosong itu bisa dibuat DAM hingga menjadi lahan resapan, dan di atasnya bisa jadi lokasi wisata air, seperti perahu, dayung dan lainnya,” tegas Eko.

Penanggulangan banjir dengan membuat DAM atau resapan adalah solusi ketimbang membantu saat banjir yang terus terjadi di Griya 1. Ia pun mendorong agar Desa Sumberjaya membuat proposal lengkap.

“Kami mendorong Desa Sumberjaya untuk menyiapkan, nanti FKMPB membawa ke kabupaten untuk perizinan dan lainnya. Daripada lahan tersebut dibiarkan begitu saja tidak dimanfaatkan,” tegasnya.

Eko juga mendorong agar bisa dikembangkan melalui BUMDes, karena sudah banyak contoh desa mengelola lahan kosong menjadi tempat wisata. Seperti desa di Cibitung dan Desa Tambun sendiri, membuat lahan kosong di belakang kantor kelurahan jadi tempat wisata dan pertemuan warga.

“Seperti Pesona Wanajaya, wahana rekreasi di Cibitung, itu kan memanfaatkan lahan pemerintah, dijadikan lokasi wisata dan tempat arena bermain. Saat ini terbilang maju dan banyak dikunjungi,” tegasnya.

Lihat juga...